7 Jun 2011

Mental Wirausahawan

Banyak artikel yang mengulas tentang kewirausahaan, coba saja searching kata wirausaha, maka dengan cepat bermunculan tips-tips bagaimana menjadi seorang wirausahawan. Salah satu tips yang paling sering kubaca, adalah harus membangun mental wirausaha terlebih dahulu.

Setelah menjalani sendiri yang namanya mencoba berwirausaha, memang benar yang paling utama adalah membangun mental dulu. Betapa tidak untuk memulai bisnis, paling tidak kita harus punya modal, entah itu modal uang atau modal skill. Sedangkan biasanya tahap-tahap awal berdirinya usaha (minimal 1 tahun), yang ada adalah pengeluaran terus-menerus, mulai dari biaya sewa, rekrut karyawan, gaji kayawan, promosi, dll. Sangat jarang terjadi usaha yang langsung memberikan keuntungan detik itu juga. Disinilah mental seorang pengusaha diuji.

Ketika kita merasa usaha kita kok seperti jalan ditempat, mental seorang pengusaha yang baik tentulah berusaha mencari ide kreatif bagaimana agar usahanya tumbuh. Lain halnya jika seseorang belum bermental entrepreneur. Bukannya mencari ide mengembangkan usahanya tapi merasa hopeless usaha akan maju, ujung-ujungnya berusaha mengganti dengan usaha baru, dan memulai dari awal lagi.

Sekarang saya sedang merintis usaha online shop, usaha yang saya rasakan bisa dan sempat kulakukan untuk saat ini. Mudah-mudahan saya bisa memiliki mental seorang pengusaha sejati, yang tidak mudah putus asa, tetap konsisten dan melakukan yang terbaik. Amin

0 komentar:

Posting Komentar

Ada palekko ada kanse
Disantap dengan sambal cobek tumis
Leave any comment please
Yang penting tidak bikin penulis meringis