23 Jul 2019

Begini Cara Mengubah Meja Lama Menjadi Baru dengan Biaya Murah

Punya meja usang? 
Jangan buru-buru disingkirkan. Barang lama kamu bisa jadi baru kembali dengan biaya murah lho.

Seperti yang dilakukan Pap Nay kemarin. Meja kami yang jeleknya tidak ketulungan, bisa tampil elegan. Saya saja hampir tidak mengenali pasca rekondisinya. Sungguh sayang saya tidak sempat mengambil gambar before. Saya juga coba cari-cari fotonya di hp tidak ada, saking ndak bangetnya tuh meja, tak sudi saya foto hahahaha.

Saya kasih gambaran ya, kami membeli meja tersebut sekitar 9 atau 10 tahun yang lalu, saya lupa tepatnya, awal-awal kami nikahlah. Tampilan barunya sih cantik, minimalis, warna hitam elegan. Nenekku waktu liat pertama sangat suka, dan pengen punya juga. 

Seiring waktu, tahun demi tahun berlalu, tampilan meja itu sudah jelekkkk buanget. Cat mengelupas sana-sini, untung masih ada bekas catnya sehingga ketahuan dulunya berwarna hitam. Sampai-sampai Novi yang berkunjung ke rumah bilang “ganti-gantimi meja ta kak!” tamu pun sudah menegur hahaha.

Saya pun sudah gerah dengan meja tersebut, Pap Nay selalu janji akan memperbaikinya, tapi berhubung dia selalu sibuk, permak meja tidak pernah kesampaian. 

Alhamdulillah, datanglah hari yang ditunggu-tunggu, Pap Nay membuka alat-alat pertukangannya. Fyi, dia sudah seperti tukang sejati, perlengkapannya lengkap, sampai dua box!! 

Seperti biasa saya adalah seksi keluarkan duit untuk belanja alat-alat yang dibutuhkan, jadi tahulah berapa budget untuk meja syantikkku ini:

Cat minyak + Kuas + amplas + thinner : 129.000 
HPL (High Pressure Laminate) :200.000 
HPLnya hanya dipakai seperempat, jadi sekitar Rp. 50.000.
Bahan-bahan yang lain seperti dempul, lem, dll pakai stock sisa. 
Jadi kalau dihitung-hitung biaya rekondisi meja ini hanya 179.000. murah yah

Cara mengerjakannya bagaimana? 

Pertama meja diamplas dulu. Setelah itu bagian atasnya diberi HPL. Baik bagian atas meja maupun HPLnya terlebih dahulu diberi lem merk Castol. Pastikan ukuran meja dan potongan HPLnya sama ya. Adapun jika ada kelebihan sedikit atau ada lengkungan pada bagian sudut meja, itu bisa disesuaikan atau dipotong menggunakan mesin gerinda. 

HPL telah tertempel rapi. Lanjutkan dengan memberi lakban bening di pinggiran meja bagian atas, ini supaya saat mengecat kaki meja, catnya tidak belepotan menyentuh HPL. Agar hasil lebih maksimal, lakukan pengecetan sebanyak dua kali. 

Taraaaaa…. 

Ini dia meja putihku, elegan, mirip yang dijual di mall kan ya??? Kursi kayu kami pun ikut cantik, cukup dicat dengan warna yang sama. 

Masih ada sisa HPL yang tidak terpakai, insya Allah akan digunakan merekondisi beberapa furniture di rumah, tunggu ceritanya ya di label DIY

Semoga bermanfaat. See ya

0 komentar:

Posting Komentar

Ada palekko ada kanse
Disantap dengan sambal cobek tumis
Leave any comment please
Yang penting tidak bikin penulis meringis