3 Nov 2016

6 Cara Efektif Mengatasi Anak Malas Makan

[Sponsored Post] Apa yang Bunda rasakan ketika anak malas makan? Rata-rata sama ya; resah dan khawatir anak akan menjadi kurus dan kurang gizi. Belum lagi jika ditimbang ternyata beratnya memang di bawah garis ideal, aduh rasanya gimana gitu waktu ditegur bidan.

Saya pun demikian, memiliki dua anak yang punya sejarah malas makan. Baik si Kakak maupun Adek, semua pernah butuh effort lebih soal urusan isi perut. Macam-macam tingkah mereka: mulut ditutup rapat, berpaling atau lari menjauhi makanan. Khusus Adek Ayyan, malah makin pintar cari trik. Kadang disuap mau saja membuka mulut, tapi tidak lama kemudian dia akan berlari ke dapur memuntahkan isi mulutnya. Ditanya kenapa? dia akan menjawab “Adek kenyang, nanti perut Adek sakit”.

Sebenarnya ada macam-macam penyebab anak-anak malas makan, antara lain karena, masalah pencernaan, perut kembung, cacingan, sakit atau baru sembuh, makanan yang disediakan tidak disukai, asyik bermain, terlalu banyak makan cemilan atau snack, dan kebanyakan minum susu. Salah satu saja dari alasan tersebut muncul, maka anak akan susah makan.

Sampai sekarang Adek malas makan seringnya karena ada gangguan di pencernaannya, misalnya perutnya kembung atau lagi sembelit. Kalau sedang begini dia maunya minum susu saja. Padahal Adek Ayyan aktif luar biasa, berhenti bergerak hanya pada saat tidur. Jika dia malas makan, kalori yang keluar tidak sebanding yang masuk, makanya anaknya selalu kelihatan imut.

Dari hasil belajar dan pengalaman mempunyai dua anak yang pernah malas makan, saya menemukan bahwa enam cara ini cukup efektif mengatasinya:

Atasi dulu masalahnya

Jika anak malas makan disebabkan gangguan pencernaan, perut kembung, lagi sembelit, atau cacingan, atasi dulu itu ya. Karena diusahakan suap bagaimanapun caranya kalau perut ogah menerima input makanan yah tidak akan bisa. Sebaiknya atasi perut kembung anak dengan sering-sering memberinya minyak telon, atau kalau mau cara yang lebih tradisional boleh pakai parutan bawang putih, cukup parut sebiji bawang putih, balurkan pada perut si kecil, insya Allah anginnya cepat pergi.

Demikian juga jika ternyata anak cacingan, jangan lupa memberi obat minimal 6 bulan sekali, kasihan juga kan kalau sudah capek-capek membujuk makan, ternyata dibantu serap gizinya oleh si cacing :p

Makan ramai-ramai

Makan ramai-ramai dengan teman atau sepupu sebaya biasanya dapat mendongkrak nafsu makan si kecil. Apalagi jika diadakan adu "siapa cepat selesai dia jagoannya", mereka akan berlomba-lomba menelan makanan. Saya juga suka menyuap Adek kalau ada tamu.

 “Om…lihat adek jago makan, coba lihat om nasinya cepat habis…”

Kalimat serupa itu sangat mempan, Adek akan mengunyah lebih cepat. Tapi liat-liat dulu siapa tamunya, kalau yang datang Bapak Walikota ya janganlah :D

Masak makanan kesukaannya

Tidak bisa dipungkiri sebagian besar anak-anak adalah pemilih, hanya lauk pauk tertentu saja yang mereka sukai. Di antara dua anak saya, yang pernah jadi picky eater sejati adalah Si Kakak, dia tidak suka sayur jenis apapun, tidak doyan buah kecuali jeruk, anggur dan pisang. Untungnya semakin besar, daftar jenis makanan yang dia hindari semakin berkurang, Kakak sudah mau mencoba berbagai jenis menu/buah.

Di antara beberapa pilihan menu, Kakak Naylah dan Adek Ayyan akan makan lahap jika disediakan lauk ini: ikan tuna goreng tepung, teri goreng tepung, teri kacang, dan tempe goreng. Kakak Nay sekarang malah lebih enteng lagi, asal ada sambel, menu apapun pasti dia lahap.

Oh ya yang perlu dicatat jangan sekali-kali memaksa anak makan, apalagi sampai merecokinya dengan sendok, karena bisa menimbulkan trauma, setiap kali mamanya datang membawa piring, dia akan stress duluan.

Percantik tampilan makanan

Buatlah makanan dengan tampilan menarik. Ide penyajiannya bisa dicari di internet, tutorialnya pun tidak kalah banyaknya di you tube. Misalnya wortel bisa diolah agar tampilannya mirip mie, nasi berbentuk kroket, dll. Apalagi jika Bunda membuat bento yang lucu-lucu, anak-anak pasti tertarik untuk makan.

Makan sambil bermain atau nonton

Ada dua pendapat sih soal ini, sebagian ibu disiplin melarang anak makan sambil main dan ada juga yang membolehkan. Tapi kalau saya lebih memilih tetap menyuap mereka sambil nonton atau bermain. Biasanya makanan di piring tandas tanpa mereka sadari. Cuma memang harus perhatikan dua hal ya, jangan melakukannya di tempat yang makanannya rawan dihinggapi lalat atau debu, dan lebih memperhatikan anak jangan sampai tersedak.

Rutin minum madu

Madu adalah obat segala macam penyakit, tapi sayang sekali madu asli sangat jarang ditemukan. Seringkali ada campuran gulanya, kalau mengkomsumsi madu yang begini bukannya sehat malah bisa membawa penyakit.

Beberapa hari yang lalu saya mendapatkan kiriman madu dari Grow n Health, produk ini sangat membantu mengatasi masalah Adek Ayyan yang malas makan. Kandungan madu suplemen pertumbuhan anak yang baru launching di bulan Oktober 2016 ini cukup lengkap, ini diantaranya:

Madu murni

Berguna membantu pertumbuhan karena mengandung banyak nutrisi dan vitamin seperti vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, D, E, K, uric acid dan asam dikotinal.

Ekstrak kulit manggis

Khusus kandungan yang ini saya percaya betul manfaatnya, banyak anggota keluarga besar saya mengkonsumsi ekstrak kulit manggis. Manfaatnya sangat bagus sebagai antimikroba dalam menangkal penyakit serta memiliki antioksidan yang tinggi untuk menambah kekebalan tubuh.

Ekstrak temulawak

Nah ini yang berperan meningkatkan nafsu makan anak, juga berfungsi sebagai penjaga fungsi hati karena mengandung zat katogaga yang memproduksi empedu dalam hati serta menrangsang pengosongan empedu.

Eksrak ikan gabus

Pernah dengar orang tua kita dulu menyuruh orang sakit rajin mengkomsumsi ikan gabus? Ternyata itu bukan sekedar mitos, kandungan protein ikan gabus sangat tinggi sehingga bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu ekstrak ikan gabus juga bisa meningkatkan kecerdasan anak.
Kakak meminum madu sebelum ke sekolah

Supaya manfaatnya maksimal sebaiknya madu Grow and Health dikonsumsi  2 kali sehari dengan takaran 2 sdt sekali minum. Berikan pada anak sebelum makan dan sebelum tidur. Khusus kakak Naylah saya minumkan juga sebelum dia berangkat sekolah, supaya dia tidak gampang tertular jika ada teman-temannya yang flu atau demam. Kalau Adek Ayyan sesuai aturan saja, atau dilebihkan dosisnya jika penyakit malas makannya kambuh lagi hehehe.

Teman-teman ingin tahu tentang madu Grow n Health bisa baca-baca di :
Web : www.grownhealth.org
Instagram : @grownhealth
Twitter : @Grownhealth
Facebook fan page : GrowNHealth

Yang berminat bisa langsung pesan di nomer yang tercantum di bawah ini ya, jangan lupa pakai kodenya supaya dapat diskon 10 persen, kan lumayan buat menutupi ongkos kirim.

Memesan dengan memakai kode ini akan mendapatkan diskon 10%

20 komentar:

  1. Keren, kalau si kakak udah bisa aja minum madu en makannya lancar2 aja. Kalau adek ya gitu deh ya mbak. Buat Ayyan jangan males makan ya. Enak kok makan itu (kata seorang Tante yang pecinta makan)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah adek Ayyan, dengar tuh kata tante Lidha

      Hapus
  2. Anakku mulai minum madu secara rutin juga mbak, kulihat emang ada perubahan nafsu makannya makin membaik, moga2 selamanya hehe

    BalasHapus
  3. anakku minum madu jadi gembul mba hahaha :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini anakku yang minum kok diriku yang gembul :D

      Hapus
  4. Ini solusi supaya anakku mau makan ni mbaaak, semoga bisa makin lahap deh yaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga istiqomah lahapnya ya

      Hapus
  5. Masak makanan kesukaan << poin ini jleb.. belum bisa masak. Harus belajar sebelum punya anak hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo..ayoo semangat belajarnya hehehe

      Hapus
  6. Anakku juga sering aku beri makan di piring besar. Mereka makan bareng2 dalam satu piring, biasanya sih habis banyak ga berasa hihihi...
    Anak2 ku juga cocok minum GnH ini...makin lahap makannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo rame2 memang mereka lebih lahap, tapi anakku gak mempan kl sama kakaknya saja 😂

      Hapus
  7. anakku maemnya g pernah rempong selama ini mangaaap ae -__-. tapi jadi pengen beliin ini jugaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beruntungnya dirimu mak

      Hapus
  8. Madu emang bagus buat anak :D Alhamdulillah kalau anak doyan madu, jadi ada suplemen tambahan buat tubuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak juga gak gampang sakit ya

      Hapus
  9. Dulu anak adik males banget makannya,tapi sekarang udah lumayan lah mbak..lahap..Ntar aku kasih tahu dikasih madu kyk gini mbak :)

    BalasHapus
  10. Wah boleh juga ini mbak madunya buat adik saya yang kadang suka males2an.. makasih bnyak mbak sharingnya..

    BalasHapus
  11. Menghadapi anak susah makan emang sesuatu banget ya Mba. Menguji kesabaran banget :(.
    Tapi memang madu ini enak dan kerasa manfaatnya. Aku lihat di anakku sendiri. Nafsu makannya naik setelah rutin minum GnH :)

    BalasHapus
  12. Banyak cara untuk membuat anak doyan makan, ya Mbak, salah satunya dengan madu ini. TFS ya

    BalasHapus

Ada palekko ada kanse
Disantap dengan sambal cobek tumis
Leave any comment please
Yang penting tidak bikin penulis meringis