18 Okt 2016

Tips Menulis di Blog Ala Ollie


Tips Menulis di Blog Ala Ollie. Kamu sering kesulitan membuat pembuka dan menutup tulisan? Toss dulu, berarti saya ada temannya :D

Saya sering sekali tidak jadi menulis gara-gara kesulitan membuka, padahal biasanya tulisan jika sudah dimulai, maka selanjutnya lebih mudah, ide akan mengalir mengikuti ketukan jari di keyboard. Tidak jarang juga kejadiannya begini, inspirasi kalimat pembuka ada, tapi kesulitan menutupnya. Untungnya artikel yang dibuat peruntukannya untuk blog sendiri, bukan untuk media cetak, jadi jika sudah mandek, saya tutup saja seadanya dengan kalimat apa yang terpikirkan saat itu.

Apa saya lakukan itu bukannya salah, tapi ternyata ada triknya. Nah pada collaborative blogging kali ini Mak Diah Kusumastuti membahas tentang “blogger masa kini dituntut keren”. Jika Mak Diah menyinggung pentingnya seorang blogger berpenampilan keren, maka saya akan menulis bagaimana tips seorang blogger keren menulis artikel.

Kali ini saya akan membagi tips menulis konten dari Aulia Halimatussadiah atau sering disapa Ollie. Ollie ngeblog sejak 2003 (salsabila.com), lumayan lama ya. Menurutnya dia sudah pantas disebut “tante” dalam dunia blog saking lamanya. Keren, karena berkat ngeblog, doi menjadi penulis buku yang produktif, bisa jalan-jalan bukan di dalam negeri saja, tapi juga di luar negeri..gratisss lagi.

Menulis konten ala Ollie

Membuat konten blog itu dimulai dari pemilihan judul yang tepat. Ini sangat penting, karena setiap hari muncul ribuan artikel baru di internet, untuk memikat perhatian pembaca, sebisa mungkin judul postingan kita bisa bersaing dengan artikel yang ribuan tadi.

Bagaimana judul yang baik itu?

Menurut Ollie judul sebaiknya informatif, menggambarkan isi post, sekaligus membuat penasaran pembaca untuk membaca lebih lanjut. Coba bandingkan judul ini “ Cerita weekendku” atau “Weekend di pantai terindah di Indonesia”. Yang kedua lebih membuat penasaran bukan?

Jika boleh saya tambahkan, judul juga jangan terlalu bombastis. Saya seringkali kecele dengan artikel yang berjudul wah, tapi isinya tidak sesuai. Web atau blog yang begini biasanya tidak akan saya kunjungi dua kali.

Ollie juga menyarankan, jika ingin blognya dibaca banyak orang, kita harus tahu kebutuhan dasar manusia, yaitu: psikologi, keamanan, sosial, percaya diri, dan aktualisasi diri. Setelah paham dengan kelima kebutuhan dasar itu, kita tinggal mencari artikel apa yang kira-kira menarik emosi pembaca yang sesuai dengan kebutuhan dasar mereka.

Judul sudah oke, sekarang pembuka.

Paragraf pertama juga sangat menentukan artikel kita lanjut dibaca atau tidak. Ada beberapa cara yang biasa Ollie pakai, ini diantaranya

Tulis ringkasan post

Kesimpulan ditulis sebagai pembuka kalimat. Dengan demikian pembaca akan mengerti tujuan postingan dan akhirnya memutuskan untuk melanjutkan membaca.

Beri pertanyaan

Kalau saya perhatikan Rockingmama sering memulai artikelnya dengan cara ini, coba deh perhatikan.

Memang artikel yang dimulai dengan pertanyaan akan membangkitkan rasa ingin tahu pembaca, akhirnya membaca tulisan kita sampai akhir.

Gunakan statistik yang mengejutkan

“Pada tahun 2015, 90 dari 100 peserta jomblo yang mengikuti pengajian rutin di Masjid Al Ikhlas Parepare akhirnya mengakhiri masa lajangnya”

Tertarik baca lebih lanjut kan jika kalimat pembukanya seperti di atas? Ini statistik karangan saya saja ya, para jomblo tidak perlu mengecek kebenarannya hehehe.

Kutipan atau quote orang terkenal

Kutipan juga ampuh membuat pembaca tertarik melanjutkan bacaan. Kutipan mudah ditemukan di internet, Ollie sering mengambil kutipan di sini http://www.brainyquote.com/

Di situs ini kutipan cukup lengkap, kita bisa memilih topik atau tokohnya secara langsung.

Kutip sebuah cerita yang menarik

Bagi blogger rasanya tidak mungkin sebuah cerita menarik dibiarkan berlalu begitu saja tanpa dituangkan di blog, ya gak? jangankan cerita menarik, daun jatuh pun bisa jadi blog post. Nah kata Ollie, simpan cerita menarikmu di paragraf pertama, kemungkinan pembaca akan bereaksi sama dengan kamu. Ide bisa didapatkan dari bacaan tadi siang, atau kisah unik teman saat makan malam bersama.

Pasang gambar di paragraf pertama

Rasanya semua pasti setuju, tulisan yang dimulai dengan gambar yang ciamik membuat pembaca tertarik membaca artikel kita dibandingkan dengan post tanpa gambar sama sekali.

Gunakan imajinasi pembaca

Coba ikat perhatian pembaca dengan memancing imajinasi mereka. Misalnya menggunakan kalimat ini: “ Mari bersama kita bayangkan…” “Bagaimana jika…” “Coba bayangkan …” dan lainnya. Dengan menarik gambaran mental pembaca akan membuat mereka akan mengklik “read more” artikel kita.

Konten Blog

Judul sudah, pembuka sudah. Sekarang menulis kontennya.

Ollie sering membuat kerangka tulisan menggunakan mind map. Mind map ini semacam konsep diagram untuk mencari ide-ide terkait dengan kata kunci yang ingin kita tulis. Saya sempat mencoba belajar mind map, memang benar ampuh dalam pengumpulan ide. Sayang belajarnya cuma sambil lalu, sampai sekarang saya masih kebingungan mengolah ide menjadi sebuah artikel yang terstruktur. Kalau mau belajar tentang mind map Muhammad Noer banyak membahas ini di blognya (muhammadnoer.com)

Penutup

Penutup sama pentingnya dengan pembuka. Sebaiknya kalimat penutup itu mengarahkan pembaca apa yang harus mereka lakukan setelah membaca artikel kita. Bisa ditutup dengan pertanyaan, penawaran, atau mengarahkan ke link menuju next action.

Demikianlah tips menulis ala Ollie. Sebenarnya tips ini saya tulis agar setiap saat bisa ditengok di blog sendiri. Saya masih perlu banyak belajar agar tulisan lebih enak dibaca, lebih terstruktur, dan lebih banyak mengundang pembaca.

 Bagaimana tips menulis ala Ollie ini? Teorinya sudah paham, yuk kita praktekkan.
 Happy Blogging ^_^

Sumber : Buku “Creative Blog Writing” by Ollie

40 komentar:

  1. Makasih atas tanggapan dan tips menulisnya, Mak. Keren.
    Masukan buat saya yang suka nulis sesukanya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf kelamaan nulisnya, ini kemarin bolak-balik nyari idenya hehhe

      Hapus
  2. Ahh idem mbak. Aku cukup payah pas ngrangkai klimat pmbuka sama penutup.trus pemilihan judul juga. Hhees
    Tfs buat artikelnya ya mba :D

    BalasHapus
  3. sama Mba, saya kalo mau nulis itu yang susah adalah kata pembukanya. Nah kalo udah ketemu kata pembuka yang pas biasanya nulisnya akan lancar. sebelum publish tinggal diedit-edit deh :)

    Noted. terimakasih tips Mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di saya kl lagi repot memulai duduk depan laptop yang susah :)

      Hapus
  4. *tanya*
    bagaimana cara mengembangkan ide?

    kadang saya kalau menulis paling cuma 300-400 kata sudah mentok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin bisa dicoba tips ini http://www.nurislah.com/2015/05/menjadi-genius-dengan-menulis.html?m=1

      Hapus
  5. keren tips-tipsnya. Ayo, mari kita praktik.....

    BalasHapus
  6. harus dan wajib di bookmark ini mba

    BalasHapus
  7. Terima kasih telah berbagi ya, Mbk. tipenya kece luar biasa

    BalasHapus
  8. Duh.. jadi blogger ya.. kudu banyak ilmu, belajar terus. Baca ini saya merasa perlu memoles lagi pembukaan di blog yang biasanya diawali dengan curhat geje.. yang udah dilakukan baru naruh gambar aja. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mak Irly, saya juga baru belajar nih

      Hapus
  9. Tadi aku mikir Ollie itu siapa. Kirain nama panggilanmu Mak hihihi
    Ternyata penulis buku to...
    Keren tipsnya
    TFS ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya kenapa juga saya lupa cantumkan blognya Ollie, habis ini saya revisi deh

      Hapus
  10. makasih ilmunya
    siapp praktek :)

    salam kenal ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mba...Terima kasih ya sudah mampir

      Hapus
  11. Keren tipsnya. Thanx yaa

    BalasHapus
  12. Tipsnya Oke. Singkat namun padat

    BalasHapus
  13. Ollie termasuk salah satu penulis yang produktif. Pernah beberapa kali ketemu di event blogger atau event Nulisbuku. Twrima kasih Mba Nur Islah, udah share tips menulis ini. Jadi penyemangat biar makin produktif jg :)

    BalasHapus
  14. Terima kasih Mak sharing ilmunya. Harus segera dipraktekin nih hehehe.

    BalasHapus
  15. *manggut-manggut* bener banget nih Mak. Di paragraf awal itulah ya kunci dari postingan kita. Saya juga sebisa mungkin buat paragraf awal yg bisa buat orang penasaran lalu, klik read more nya. Walau belum sekeren yg udh disebutkan tadi sih, tp berusaha terus belajar. Anyway thanks for share ya Mak.

    Mak Islah kereen deh ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini juga masih belajar mak :)

      Hapus
  16. Sangat bermanfaat bagi blogger baru seperti saya, Mbak. Terima kasih ilmunya. :-) :-)

    BalasHapus
  17. Membuat judul, kalimat pembuka, dan kalimat penutup juga masih jadi PR saya banget hehehe. Terima kasih untuk tipnya :D

    BalasHapus
  18. Tipsnya keren banget

    BalasHapus
  19. Mantep ini ilmunya... dari kenarin nyari yang beginian gak dapet2...
    akhirnya tahu juga cara nulis artikel yang makin kece..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah semoga bermanfaat mas Adhi

      Hapus
  20. Makasih ilmunya. Hayuklah kita praktekkan ☺😊

    BalasHapus

Ada palekko ada kanse
Disantap dengan sambal cobek tumis
Leave any comment please
Yang penting tidak bikin penulis meringis