8 Feb 2017

Cara Membangun Pagar Rumah Dengan Besi Kotak

[Sponsored Post] Belakangan ini, besi kotak merupakan material yang paling banyak dimanfaatkan sebagai pagar. Besi kotak sendiri dibagi menjadi dua yaitu besi kotak full dan besi kotak lubang. Dimana harga jual besi kotak keduanya berbeda. Begitupula bila ditinjau dari segi kekuatan. Maka besi kotak full tentu lebih kuat.
 
Dalam pembuatan pagar, umumnya kedua jenis besi ini dipakai. Namun yang paling banyak digunakan adalah besi kotak lubang. Karena harga jual besi kotak pipa jauh lebih murah. Adapun langkah - langkah dalam pembuatan pagar rumah umumnya dibagi menjadi dua langkah.
 
Pertama langkah untuk membuat pagar besi dan kedua untuk membuat pagar tembok tempat pagar besi tersebut diletakkan.
 
Proses Pembuatan Pagar Besi

1. Tahap awal pembuatan pagar besi adalah siapkan peralatan dan bahan terlebih dahulu. Peralatan dan bahan ini seperti besi kotak yang disesuaikan dengan ukuran sketsa. Las listrik, palu, dan berbagai alat lainnya.
 
2. Selanjutnya, buat sketsa gambar pagar yang ingin dibuat. Dalam membuat pagar besi ada tiga motif yang sangat umum yaitu kaligrafi, kotak, dan motif. Biasanya pola ukuran kaligrafi kurang lebih 270 cm x 90 cm, motif kotak 330 cm x 90 cm. Untuk pengerjaannya serahkan saja pada tukang las besi.
 
3. Biasanya, proses pengelasan motif kaligrafi dan kotak dilakukan satu per satu. Pengelasan ini menggunakan media besi kotak dengan ketebalan 19 mm. Pada bagian pintu, biasanya disusun dari besi hollow 4/4 yang dilas menjadi bentuk pagar.
 
4. Terakhir, lakukan pengecatan pada pagar besi yang sudah dibuat dengan warna - warna sesuai dengan keinginan. Tujuan mengecatnya, selain untuk keindahan juga agar besinya lebih awet dan tahan lama.

Umumnya proses pembuatan pagar besi ini memakan waktu hingga 1 minggu, bergantung dari cepat tidaknya pengerjaan.
 
Proses pembuatan pagar tembok
 
1. Berbeda dengan pagar besi yang berurusan dengan las, pembuatan pagar tembok berurusan dengan semen dan batu bata. Langkah awal yang perlu dilakukan adalah menggali tanah dengan kedalaman kurang lebih 40 cm sebagai pondasi dan 30 cm untuk sloof pagar.
 
Untuk pagar dengan panjang 10,2 meter, sangat disarankan menggunakan delapan buah fondasi setempat yang masing - masing kurang lebih berukuran 40 cm x 40 cm dan tiga fondasi untuk pagar kaligrafi (tiga untuk besi kotak, dan sisanya untuk pintu tulangan besi fondasi dan sloof 10 mm)
 
2. Pasang sloof dengan ukuran 15 cm x 15 cm dan ikat diantara fondasi untuk mendistribusikan beban pagar. Selanjutnya pasang kolom praktis yang berukuran 15 cm x 15 cm di atas fondasi tinggi kolom berukuran 110 cm sesuai dengan tinggi tembok. Lalu tuang cor beton ke sloof dan fondasi lalu diamkan kurang lebih 5 hari hingga cor kering.
 
3. Setelah tiang - tiang fondasi dibuat, selanjutnya pasang dinding bata di atas sloof, juga di bagian kiri dan kanan kolom praktif. Susun batu bata selang seling agar saling mengikat dan kuat. Diamkan kurang lebih satu hari agar semen kering sempurna.
 
Setelah tembok berdiri, pasang pintu pagar besi tadi dengan mencoak tembok hingga menembus kolom sloof. Selanjutnya sambung besi pagar dengan besi kolom dan sloof. Lalu lakukan proses pengelasan untuk menyatukan pagar sehingga pagar kaku dan kuat.
 
Sedikit catatan dalam proses pemasangan palang pintu besi, dapat dilakukan dengan mencoak lantai lalu tanam palang pada coakan tersebut. Selanjutnya pasang engsel palang pada tembok dengan skrup lalu engsel di pasang pada palang.
 
Cukup rumit memang, sehingga sangat disarankan mengajak orang yang telah berpengalaman dalam dunia konstruksi atau pembuatan pagar. Untuk bahan pagarnya sendiri, sangat disarankan memilih bahan pagar yang berkualitas baik, kuat, dan anti korosif. Meski harga jual besi kotak tersebut lebih mahal. Namun dalam segi keamanan, daya tahan, dan usia jelas lebih lama. Sehingga patut diperhitungkan.
 
Bagaimana teman-teman, sudah tahu kan langkah-langkahnya? Selamat merancang pagar impian ^_^

10 komentar:

  1. besi kotak makin diminati ya utk properti bangunan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, soalnya kayu makin langka dan mahal

      Hapus
  2. Haaa... Pengen banget besi buat pagar rumah dari besi kotak. Tapi apa daya, budget belum kesampaian.

    *nabung duluu..

    BalasHapus
  3. Pingin, rumah berpagar besi kotak berlubang atau pipa kotak, bercat hitam. Lebih aman karena rumah mewah (alias rumah mepet sawah hehe)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahaha baru tahu rumah mewah itu

      Hapus
  4. Rencananya rumah ibu di kampung saya mau ganti juga neh pake besi kotak, cuman harganya itu lumayan juga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belinya yang kotaknya gak full mba

      Hapus
  5. aku gak minat lagi ama besi, sekarang demennya taso mak, gak mudah karat....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo pake cat bisa menunda karatnya mak

      Hapus

Ada palekko ada kanse
Disantap dengan sambal cobek tumis
Leave any comment please
Yang penting tidak bikin penulis meringis