14 Agt 2015

Membuat Bros dari Batu Akik

Assalamu alaikum …
 
Kali ini tentang DIY, mohon untuk tidak menyangka bahwa postingan untuk DIY adalah bercerita mengenai hasil karya saya, label ini khusus untuk karya Pap Nay yang bertangan ajaib.
 
Beberapa bulan yang lalu…untungnya sekarang tidak lagi, Pap Nay yang hobi segala hal yang melibatkan keterampilan tangan sedang dilanda demam menggosok batu. Bukan demam batu ya, tapi demam menggosok batu akik. Dia bukan tipe orang yang suka membeli batu akik yang sudah jadi, dia lebih menyukai batu yang masih berupa batu kasar atau bongkahan, kemudian mengolahnya menjadi cincin. Dia menyukai proses membuatnya.
 
Setiap ada waktu senggang, ada saja batu yang dia gosok. Pagi sebelum ke kantor, pulang kantor disore hari, dan malam hari setelah makan malam, mesin gosoknya berdengung setiap saat sampai beberapa saat kadang saya menyangka batu akik sudah menjadi istri keduanya, dia menggosok batu itu setiap saat hahaha. Untunglah, sebelum saya cemburu berat dengan hobi barunya itu, Pap Nay menghadiahi saya bros dari batu.
 
Batu-batu yang biasanya diolah menjadi cincin berupa bongkahan yang bisa menjadi 2-3 cincin, Pap Nay mendapat ide, daripada sisa bongkahan itu menganggur, dibuatkanlah saya bros untuk memperindah jilbab yang sehari-hari saya kenakan jika keluar rumah. Tenyata mudah membuat bros sendiri, berikut stepnya:
 
Membuat-bros-batu-akik
Bahan-bahan membuat Bros batu akik
 
Beli bros di toko
Lho?
Iya, belilah bros dengan model yang paling kamu sukai. Harga bros dengan hiasan berbahan plastik, sangat murah, disini harganya sekitar Rp5rb-20rb.
 
Potong bongkahan
Buka hiasan plastik pada bros yang dibeli. Kemudian potong batu dengan mengikuti bentuk hiasan bros yang terbuat dari plastik tadi. Sayangnya saya tidak mengambil foto bros yang belum dibongkar plastiknya. Tidak apa-apa kan, pasti semua sudah tahu ya bros yang saya maksud.
 
Poles batu
Setelah batu dipotong dan sudah sesuai dengan bentuk yang ditiru/diinginkan, gosok batu sampai licin menggunakan amplas yang dipasang di mesin, setelahnya baru poles batu sampai halus benar menggunakan amplas halus.
Membuat-bros-batu-akik
Alat pemotong dan penghalus (dibuat sendiri oleh Pap Nay menggunakan mesin dari mesin cuci bekas)
 
Pemasangan
Gantilah hiasan plastik dengan hiasan yang terbuat dari batu. Rekatkan dengan lem kuat. Sebaiknya memakai lem korea, lem ini terbukti sangat kuat.
 
Sekarang bros plastik seharga RP.5rb bertambah nolnya menjadi Rp.50.000, bahkan bisa lebih.
Bros-batu-akik
Cantik kan?
 
Membuat-bros-batu-akik
Batu Sissik Naga
Bisa menyala di ruangan minim cahaya
 

 

Membuat-Bros-batu-akik
Sedang sibuk menggosok batu
Wassalam
Parepare, 14 08 2015
Nur Islah

8 komentar:

  1. Wah, keren ya jadinya, Mak.

    Kalau gini mah emak-emak juga bisa demam batu akik. Hihihii...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kl sy sih iya jadi suka, tp gak sampe demam sih xixixi

      Hapus
  2. Ibu ibu juga jadi demam batu akik sekarang. Termasuk ibu-ibu di sini. Mulai dari pakai cincin couple sama suami, buat cincin sendiri, jadi bandul kalung dan juga bros he he.

    BalasHapus
  3. Wah suaminya kreatif, keren-keren ^^

    BalasHapus
  4. kreatif juga nih, mantap nih jadinya..
    Tapi saya malah gak suka batu, ada alternatif lain gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm apa ya, coba baru berlian kak xixixi

      Hapus

Ada palekko ada kanse
Disantap dengan sambal cobek tumis
Leave any comment please
Yang penting tidak bikin penulis meringis