21 Mar 2015

Muhammad Rayyan Fawwaz (1y,9m)



Alhamdulillah tak terasa umur adek sudah 1 tahun 9 bulan. Serasa baru kemarin melahirkannya. Kali ini saya akan menulis perkembangan adek diumurnya yang sekarang.

Mengikuti perintah sederhana

Adek bisa mengikuti perintah membuang sampah, menyimpan barang yang tergeletak, atau mengambil barang yang ditunjuk. Belakangan dia bisa membuang sampah dan menyimpan pakaian kotornya atas inisiatif sendiri.

Menunjuk bagian-bagian tubuh

Adek bisa menunjuk dan mengulang nama anggota tubuhnya. “mana mata dek?” dia akan menunjuk matanya sambil menyebut “mata”. Selain mata, yang bisa adek tunjuk itu kaki, tangan, hidung, mulut, kepala, rambut, telinga. Sedangkan yang belum bisa adek tunjuk tumit, lutut, pantat, leher, perut.

Menyanyi dan bergoyang

Adek hobi sekali menyanyi, walaupun lagu yang dia nyanyikan kadang tidak jelas penyebutannya. Hampir semua lagu yang sering diputarkan atau dia dengar, bisa dia nyanyikan. Tapi lagu yang paling dia sukai adalah cicak, kasih ibu, dan lagu huruf hijaiyyah. Adek akan menyanyikan lagu sambil bergoyang, dengan goyangan yang super lucu. Kalau istilahku “goyang ngangkang Ayyan”. Badannya digoyangkan kekiri dan kekanan sambil sambil ngangkang.

Meniru

Kalau soal meniru, sepertinya adeklah professornya meniru. Apapun yang dilakukan kakaknya pasti dia tiru. Memanjat, melempar, berlari, dan melompat.

Permainan

Adek sangat suka lompat. Dia bisa melompat langsung dari kursi, ranjang, meja tanpa bantuan, dan tanpa matras atau sesuatu yang lembut tempat mendarat. Adek bisa mendarat dengan kedua kaki. Saya dan bapaknya masih sering ngeri melihatnya melakukan adegan ini. Pernah satu kali, jidatnya ikut mendarat kelantai, untungnya masih kakinya yang mendarat duluan, jadi dahinya tidak sampai benjol. Tapi itu tidak membuatnya kapok. Lama-lama adek semakin ahli saja melompat, jarang jatuh.
Adek menyukai permainan petak umpet, menyusun balok, alat-alat pertukangan, dan masak-memasak xixixi.

Oh ya, dia juga sangat menyukai mengganggu kakaknya yang lagi belajar.

Bercanda

Adek sudah bisa bercanda. Dia sudah menikmati candaaan dan akan tertawa terbahak-bahak jika dicandai. Adek juga suka meniup perutku yang mengeluarkan suara seperti bunyi kentut, dia akan ngakak setiap kali selesai dan mengulanginya sampai capek.

Adek juga suka berpura-pura marah, dia akan pergi kepojokan atau berbaring dilantai sambil melengos marah. Dia tidak tersenyum, tidak tertawa, dan memasang expresi datar, mulut terkatup. Jika salah satu dari kami mendekati, dan membujuknya “jangan marah dek” dia akan melengos ke kiri menjauhi wajah kami. Ketika dibujuk lagi, dia akan bangkit dan tersenyum lebar. Kebiasaan puura-pura marah adeklah yang paling aneh dan lucu menurutku. Ntah dari mana dia tiru hahaha.

Kemandirian

Setiap makan nasi, seperti anak seumurnya yang lain, adek masih disuapi, tapi untuk cemilan-cemilan, adek memegang makanannya dan bisa memakannya sampai habis. Adek bisa mengambil air sendiri ketika haus dan meminumnya sendiri. Dia bisa menyampaikan kalau mau pipis dan buang air besar. Walaupun pipisnya masih sering tiba-tiba keluar tanpa permisi dulu.

Menyebut Angka dan huruf

Adek bisa menyebut angka 1-10 tanpa dibantu. Menyebut huruf jika melihat huruf walaupun salah. Adek hanya mengetahui kalau itu huruf tapi tidak tahu huruf apa.

Hobi

Adek sangat menyukai kucing. Setiap melihat kucing, dia akan menunjukkan ketertarikan yang tinggi. Dia akan mengejarnya dan mencarinya sampai dapat. Adek juga senang melihat gambar-gambar kucing di internet, dan sangat suka menonton youtube dengan kata kunci “Funny cat”.

Adek suka makan cemilan yang asin dan gurih dibandingkan makan cemilan yang manis. Adek kurang menyukai coklat. Adek lebih menyukai pastel daripada donat yang full topping coklat.

Adek suka digendong. Ketika digendong, kepalanya akan dilemaskan dipundak seakan-akan sedang tertidur. Kalau kemarin-kemarin, dia sangat suka, semakin lama digendong semakin adek suka. Tapi belakangan lama gendongannya sudah berkurang, walaupun frekuensi minta digendongnya masih sama.

Film yang disukai adek adalah Masha and the Bear. Dia akan berbaring dengan tenang minum susu jika melihat film ini. Kalau sudah begini, mamanya bisa relax sebentar dan meluruskan badan.

Secara umum, perkembangan adek Alhamdulillah baik. Mudah-mudahan sehat selalu dan dilindungi Allah, SWT.

Parepare, 21 Maret 2015
Menikmati sabtu; off from work

2 komentar:

  1. Thanks to masha n the bear ya maak, bisa leyeh2 sejenak hehe. Adek Rayyan tambah pinter yaa

    BalasHapus
  2. Masha n the bear dewa penolong banget xixixi. thanks ya mak rahmi dah mampir

    BalasHapus

Ada palekko ada kanse
Disantap dengan sambal cobek tumis
Leave any comment please
Yang penting tidak bikin penulis meringis