26 Feb 2015

Belajar dari Bisnis MLM

Learning everything you can, anytime you can, from anyone you can, there will always come a time when you will be gratefull you did” ~Sarah Cadwell~

Kemarin seorang tante datang dari kampung untuk menghadiri acara seminar T*ra dan mengajakku turut serta. Sebenarnya setengah hati perginya. Tapi karena yang ngajak tante, dan datang dari jauh pula, akhirnya saya pergi juga. Kupikir tentu acara ini penuh dengan motivasi bisnis, karena T*ra ini sejenis produk MLM. Siapa tahu ada juga ilmu yang bisa saya dapat.

Pembawa acara adalah seorang direktur marketing dari kantor pusat, membawakan acara dengan semangat tentang bisnis T*ra yang prospektif, karena saya datangnya terlambat dan terpaksa duduk di bangku depan yang kebetulan kosong, akhirnya saya sangat sering ditunjuk dan ditanyai oleh sang pembawa materi.

“Siapa yang tahu tentang perbedaan Madu, propolis, dan Royal Jelly?, yang menjawab benar akan diberikan hadiah 1 lusin produk …” . Tanya sang bapak pembawa materi kepada peserta yang hadir. Seorang ibu yang duduk pas dibelakangku menjawab dengan lancar dan lantang.

“Wah bagus bu, walau pun SALAH!” bapak pembawa materi merespon dengan mimik kocak.

“Mari kita buktikan bahwa seseorang yang baru bergabung dengan kita, bisa menjawab perbedaan Madu, propolis, dan Royal Jelly, Ibu bisa jelaskan?” bapak itu bertanya padaku.

“ Ndak”

“Ibu bisa baca kan?”

“iya Pak”

“Coba baca bu, buku primbon T*ra ini” peserta seminar riuh tertawa.

Tuh kan, saya dapat ilmu lagi tentang perbedaan Madu, propolis, dan Royal Jelly. Walaupun menjawab dan tidak mendapat selusin produk T*ra yang dijanjikan hahaha.

Madu adalah cairan yang menyerupai sirup, madu lebih kental dan berasa manis, dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga.

Propolis atau Lem Lebah adalah suatu zat resin yang dikumpulkan oleh lebah madu dari sumber tumbuhan seperti aliran getah atau tunas pohon. Dikumpulkan oleh lebah untuk menutupi lubang kecil, hingga 6 milimeter, sementara untuk lubang yang lebih besar digunakan malam lebah. Warnanya tergantung sumber tumbuhannya, namun biasanya coklat tua. Propolis bersifat lengket pada suhu ruangan atau di atasnya (20 °C). Sementara jika lebih rendah, akan menjadi keras dan rapuh.

Sedangkan Royal Jelly atau susu ratu adalah makanan khusus bagi ratu lebah.

***
Pelajaran kedua:

Tidak ada seorang joki sehebat apapun didunia ini yang mampu memenangkan turnamen dengan menunggang 2 kuda sekaligus. Kita harus memilih salah satu pilihan, untuk memenangkan sesuatu dalam hidup.”

Walaupun kalimat ini dimaksudkan untuk memotivasi member MLMnya, kalimat bapak pembawa materi ini menyentil semua aspek kehidupan, bahwa kita harus memilih salah satu untuk memenangkan turnamen kehidupan. Hanya ada satu pemenang (Winner) disetiap turnamen atau perlombaan, jika menjadi nomer dua sudah bukan winner lagi, tapi runner up. Pemenang adalah orang-orang yang berani memilih, fokus dan sungguh-sungguh menjalani pilihannya.

Kesentil lagi antara kerja dan jadi IRT sejati.

***

Pelajaran ketiga:

Mungkin kurang tepat di sebut pelajaran, karena sebenarnya ini sudah diketahui bersama, lebih tepatnya mungkin disebut renungan.

Mendekati sesi terakhir dari presentasinya, muncullah gambar ini:

Source: https://simfonikehidupan.wordpress.com/2012/06/01/masa-kehidupan-manusia/

Saya tertegun lama menatap slide yang kebetulan tidak dipindahkan lagi keslide berikutnya dalam waktu lama, kalimat-kalimat bapak pembawa materi tidak kuperhatikan lagi.

Masa kanak-kanak yang Indah, masa remaja yang ceria dan penuh cinta, masa dewasa yang Indah dengan suami dan anak-anak, masa tua yang syukur-syukur kalau sudah bijaksana, masa ditinggal mati pasangan yang mudah-mudahan tidak diliputi juga rasa kesepian karena ditinggal anak-anak yang sudah dewasa, dan masa ketika kita meninggal dunia dan mengharapkan belas kasih keturunan mengirimkan al Fatihah.

Sudah siapkah bekal dimasa akhir itu?.

Walaupun pergi keacara itu karena berusaha bersikap ramah saja kepada Tante, ada juga manfaat yang kupetik.

2 komentar:

  1. pernah ikutan MLM tapi gak pernah ikutan acara beginian, pantes aja gak maju-maju hehehe
    tapi memang kalo di MLM selalu ada semangat positifnya ya mak :)

    BalasHapus
  2. sama aja kita mak, ndak berjodoh dengan bisnis MLM hehehe

    BalasHapus

Ada palekko ada kanse
Disantap dengan sambal cobek tumis
Leave any comment please
Yang penting tidak bikin penulis meringis