20 Apr 2015

Review: Muhammad (Kisah Hidup Nabi Berdasarkan Sumber Klasik)

Buku biografi Nabi Muhammad yang dituliskan berdasarkan sumber klasik. Cara Martin Lings bernarasi membuat saya seperti baru pulang dari padang pasir setelah membaca bab terakhir. Dibuku ini pembaca akan menjumpai silsilah keturunan asal mula nabi Muhammad yang dimulai dari suku bangsa Arab Quraisy yang merupakan salah satu keturunan Nabi Ibrahim yang terkuat. Sepertinya penulis betul-betul menguasai silsilah klan-klan di zaman sebelum dan sesudah kehidupan Nabi Muhammad.
Keturunan Quraisy Lembah

Kepiawaian penulis menggambarkan wajah Muhammad, wajah istri-istri beliau yang cantik, dan bentuk fisik para sahabat nabi, membuat kisah ini seperti hidup. Penulis juga piawai melukiskan tempat-tempat, sampai jarak tempuh tempat kisah terjadi.

Pembaca tidak akan menemukan tulisan huruf Arab dibuku ini, petikan terjemahan hadist atau ayat-ayat Al Quran tetap ada, tapi tidak menghalangi pembaca menikmati narasi sejarah yang apik.

Saya pikir banyak bagian buku ini yang bisa dijadikan bahan cerita yang seru untuk diceritakan kepada anak-anak kita.

Saya membacanya saat dirawat di rumah sakit, membuat saya menikmati perawatan dan pengobatan dengan suka cita. Buku yang luar biasa.
 

 
Makassar, 15 April 2015

0 komentar:

Posting Komentar

Ada palekko ada kanse
Disantap dengan sambal cobek tumis
Leave any comment please
Yang penting tidak bikin penulis meringis