6 Des 2017

Deretan Tas Kerja Wanita Trendy yang Patut Anda Koleksi

Deretan Tas Kerja Wanita Trendy yang Patut Anda Koleksi [Sponsored Post]

Tas merupakan salah satu aksesoris atau item fashion yang tidak bisa dilewatkan oleh seorang wanita. Selain digunakan untuk membawa barang, tas juga berguna sebagai penunjang penampilan, dalam kesempatan apapun. Baik saat, kerja, hang out, ke kampus, dan lainnya. Nah, sebagai inspirasi, berikut kami bagikan beberapa koleksi jenis tas kerja wanita yang patut Anda ketahui dan koleksi. Silahkan disimak!

8 Jenis Tas Kerja Wanita yang Sebaiknya Anda Koleksi 

1. Hobo Bag 

Tas kerja wanita hobo bag sangat tepat untuk digunakan ke kantor karena ukurannya yang cukup besar sehingga dapat membawa banyak barang. Bentuk tas kerja wanita hobo bag ini menyerupai bulan sabit atau setengah lingkaran. Tali yang digunakan juga tebal dan kuat menahan beban.

Pada umumnya tas ini digantungkan di bahu atau lengan wanita sehingga memberi kesan feminim. Selain untuk dipakai saat kerja, hobo bag juga cocok digunakan untuk hangout atau aktivitas lainnya.

2. Satchel Bag

Bentuknya yang kotak menjadi salah satu ciri khas dari tas kerja wanita satchel bag. Biasanya permukaan satchel bag terbuat dari kulit atau dilapisi kain. Pada awalnya, tas ini hanya populer di kalangan pelajar.

Namun, seiring bergulirnya waktu, tas kerja wanita ini dibuat dengan desain yang colourful sehingga menarik perhatian para wanita. Satchel bag sangat cocok digunakan untuk pergi ke kantor karena akan menambah kesan elegan pada penampilan Anda.

3. Kelly Bag

Sebagai wanita karier, Anda wajib untuk memiliki tas kerja wanita kelly bag. Nama tas ini sendiri diambil dari sosok aktris yang kerap memakai tas desain Hermes, Grace Kelly.

Bentuk tas kerja wanita kelly bag mengerupai koper kecil berbahan kulit. Kelly bag tergolong dalam hand bag karena terdapat pegangan yang kecil. Dengan memakai tas ini, maka penampilan Anda saat ke kantor akan tampak lebih formal dan elegan.

4. Baguette Bag

Barguette bag merupakan tas kerja wanita yang memiliki bentuk unik, mewah dan stylish sehingga dapat menunjang penampilan Anda di kantor. Tas ini berukuran cukup besar dan memiliki tali yang dapat disandang ataupun Anda genggam.

5. Bowling Bag

Pada mulanya bowling bag hanya digunakan untuk membawa bola bowling. Namun, saat ini tas kerja wanita bowling bag sudah beralih fungsi menjadi salah satu pelengkap fashion para wanita, khususnya untuk pergi ke kantor. Dengan menggunakan bowling bag maka penampilan Anda akan terlihat semakin trendi dan modis.

6. Doctor’s Bag

Sama seperti namanya, doctor’s bag umumnya digunakan oleh para dokter untuk menyimpan peralatan medis pada tahun 1800-an. Seiring berjalannya waktu dan berkembangan dunia fashion, doctor’s bag kerap digunakan sebagai aksesoris wanita untuk pergi kerja.

Walaupun dari luar tas kerja wanita ini tampak tidak terlalu besar, namun doctor’s bag memiliki ruang yang besar serta dapat menampung barang-barang keperluan kantor.

7. Envelope Bag

Envelope bag termasuk tas kerja wanita yang terbilang unik karena memiliki desain yang menyerupai sebuah amplop. Tas kerja wanita envelope bag ini terdiri dari dua macam, yaitu yang memakai tali serta tanpa tali.

8. Shoulder Bag

Salah satu jenis tas yang cocok digunakan para wanita untuk pergi ke kantor adalah shoulder bag. Tas kerja wanita ini memiliki desain kasual dan tali yang panjang untuk dilingkarkan pada bahu.

Shoulder bag menggunakan berbagai bahan tergantung dari produsennya. Dengan memakai shoulder bag, maka kesan simple namun formal dapat terpancar pada penampilan Anda saat bekerja di kantor.

Nah, itulah beberapa jenis tas kerja wanita yang patut Anda koleksi. Nah, kira-kira mana yang paling anda sukai.

9 Sep 2017

Tetap Optimis Menjalani Hidup Setelah Resign? Lakukan Langkah-Langkah Ini

Tetap Optimis Menjalani Hidup Setelah Resign? Lakukan Langkah-Langkah Ini
Tetap Optimis Menjalani Hidup Setelah Resign? Lakukan Langkah-Langkah Ini

Per tgl 1 maret 2017 saya berhenti bekerja pada salah satu perussahaan multinasional. Ini keputusan yang besar, karena saya telah bekerja selama 12 tahun di sana. 

Saya bukan tipe pekerja kutu loncat, yang menemukan sedikit masalah langsung memilih pindah ke tempat lain. Oleh karena itu, beratnya saya meninggalkan perusahaan ini bukan karena persoalan gaji yang kata orang di atas rata-rata, atau bukan karena nama besar perusahaan itu sendiri. 

Saya merasa sedih karena orang-orang di dalamnya sudah menempati bagian tersendiri di hati. Mereka ibarat saudara yang setiap hari bertemu, berbagi suka dan duka. 

Saya ingat serunya berbuka puasa bareng di bulan Ramadhan. Menikmati secangkir teh dan bakwan goreng di kantor lebih lahap daripada menyantap hal yang sama di rumah. Celoteh-celoteh riang, candaan menghangatkan suasana buka puasa. Sehingga membuat penganan apapun yang terhidang terasa lezat.

Itu salah satu contoh kecil saja, banyak momen kebersamaan yang tak terlupakan bersama teman-teman kantor saya dulu.

Untungnya Parepare adalah kota kecil. Walaupun jarang berkunjung ke kantor, saya dan beberapa teman masih sering berpapasan, saling berjabat tangan dan bertukar kabar. 

***

Untuk menanggapi artikel Mak April Hamsa Cara Membangun Optimisme Supaya Tetap Semangat Menjalani Hidup, saya ingin berbagi artikel terkait bagaimana agar tetap optimis menjalani hidup setelah resign.

Ketika kamu sudah merasa tidak cocok pada suatu perusahaan, atau saat kamu ingin mengembangkan ide di tempat lain, baik itu perusahaan berbeda atau usaha sendiri, biasanya saat itulah kamu mempertimbangkan untuk resign.

Resign bukan kiamat. Ini adalah salah satu fase pilihan hidup. Hanya saja resign sebaiknya tidak dilakukan serta merta ketika niat tersebut terbesit di benak. Beberapa hal sebaiknya dilakukan. 

Baiklah secara garis besar, inilah yang saya sarankan kamu lakukan sebelum mengajukan surat permohonan berhenti kerja: 

Sholat Istikharah 

Mintalah pendapat Tuhan. Untuk yang beragama Islam lakukanlah sholat istikharah. Karena manusia hanya berencana, Allah yang paling tahu apa yang terjadi di masa depan. Dengan sholat istikharah, langkah kita menjadi mantap karena yakin apapun yang kita lakukan ada Allah SWT menyertai. 

Menjalankan Bisnis

Sebelum berhenti kerja, pastikan kamu punya usaha yang sudah berjalan. Tidak perlu usaha yang menguras tabungan. Sederhana saja dulu, yang operasionalnya bisa dijalankan tanpa kamu harus terjun langsung. 

Terlebih jika pasangan kamu tidak memiliki penghasilan, pastikan tips ini kamu lakukan. 

Setahun sebelum resign saya membuka kios pulsa. Kecil-kecilan, modal sewanya hanya 2 juta. Seiring waktu, usaha tersebut bertambah produk barang-barang kelontong. Ketika saya berhenti kerja, warung kelontong plus kios pulsa tersebut sudah memiliki pelanggan dan bisa memberikan pemasukan tambahan yang stabil. 

Lunasi Semua Utang

Jangan biarkan ada utang, apalagi utang berbunga yang menjeratmu saat resign. Miliki azzam yang kuat untuk melunasinya sebelum resign. Caranya percepat pelunasan utang bank. Jika gaji tidak cukup, carilah tambahan penghasilan seperti poin kedua di atas. 

Kalau utang saya terlalu banyak bagaimana Jeng? 

Kuatkan niat untuk melunasinya karena Allah, insya Allah dimudahkan ditunjukkan jalan olehNya. 

Tips bebas dari utang bisa baca buku-buku Mas Saptuari Sugiharto, ikuti grup dan fans page beliau di Facebook. 

Jangan pakai gaji 6 bulan terakhir

Hal ini penting untuk berjaga-jaga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Ingat, ketika berhenti kerja, fasilitas seperti tunjangan kesehatan turut lenyap. 

Tidak memakai gaji 6 bulan terakhir untuk dana cadangan jika hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, misalnya keluarga sakit, kecelakaan, dll. 

Selain itu, melakukan hal ini juga sebagai tes atau latihan untuk diri sendiri  “Benarkah saya sanggup bertahan tanpa gaji dari perusahaan?”

Jika kamu sanggup menabung gaji 80-100 %, berarti kamu sudah sangat siap mengajukan surat resign. 

Berat ya? 

Tidak. Kan poin-poin di atas sudah dilakukan; ada kios kecil-kecilan dan utang sudah lunas.

Ajukan Surat Pengunduran Diri, pamit baik-baik dan minta surat pengalaman kerja 

Saya pernah menemukan rekan kerja yang tiba-tiba pergi tanpa pamit, surat pengunduran diri beserta aset kantor dititip di satpam saja. Yang begini jangan ditiru ya hehehe

Itulah beberapa hal yang saya lakukan sebelum resign. Tips ini bukan saya comot dari buku atau artikel, tapi benar-benar saya praktekkan sendiri. 

Hasilnya bagaimana?

Alhamdulillah, saya tidak menemukan kesulitan yang berarti setelah resign, khususnya masalah keuangan. Kebiasaan-kebiasaan sebelum resign masih dilakukan, seperti belanja buku, baju, jajan, sesekali makan di cafe atau warung makan langganan tetap bisa dilakukan tanpa harus membuat suami pontang-panting cari uang tambahan. 

Dengan melakukan langkah-langkah di atas juga membuat kamu lebih relaks pasca resign. Kamu tidak perlu terburu-buru cari kerja atau membangun bisnis baru. Kamu punya banyak waktu untuk mempertimbangkan langkah terbaik apa yang selanjutnya dilakukan, memilih bisnis potensial apa yang cocok dengan kepribadian dan hobi kamu. 

Saya menemukan bisnis Kangen Water setelah dua bulan liburan dan mempertimbangkannya di rumah. Alhamdulillah, keputusan memiliki mesin Kangen Water adalah salah satu keputusan terbaik yang pernah saya lakukan. Kami menjadi sehat sekeluarga, bisa bersedekah air sehat, dan juga menghasilkan uang. (Untuk info lebih lanjut tentang bisnis Kangen Water silahkan hubungi WA 081342045910) 

Semoga bermanfaat.

Nur Islah

7 Sep 2017

Merdeka Saat Menjadi Ibu Rumah Tangga


Eh sekarang hari apa ya? 

Kamu pernah lupa hari? Saya sering 6 bulan belakangan ini. Mengira jumat padahal kamis, menyiapkan seragam batik padahal harusnya pakaian pramuka buat dipakai Si Kakak. 

Itu baru persoalan hari, kalau ditanya tanggal, saya lebih sering lupa dari pada ingat.

Apakah saya terserang insomnia? 

Tidak. 

Saat menjadi ibu yang full time di rumah, saya menjadi kurang memperhatikan kalender. Sangat berbeda ketika kerja kantoran, tempo-tempo menengok kalender meja, lantaran kerap membuat email dan update data. 

Selama 6 bulan, saya cuma hilir mudik di bangunan 7 x 10 meter, yaitu dapur, kamar, dan teras. Paling jauh ke pasar, itupun selalu bersama Pap Nay dan anak-anak. Sangat jarang saya pergi sendiri. Seringnya rombongan sekeluarga. Kedengarannya sedih amat ya, terkungkung di rumah. 

Bisa jadi orang yang melihat berpikiran begitu, tapi percayalah 6 bulan itu masa-masa paling merdeka saya sebagai manusia.

Saya tidak harus buru-buru mandi,tidak dikejar laporan, tidak harus delapan jam di kantor, dan tidak perlu lembur. Saya bebas mau mandi jam berapa pun, entah itu pagi, siang, atau dijamak di sore hari. 

Walaupun bukan akhir pekan, saya enteng membawa anak-anak ke cafe. Menikmati semilir angin laut sambil menyantap penganan pisang goreng keju dan jus jeruk kesukaan Ayyan. Pap Nay tidak pernah melarang, kalau sempat, beliau mengantar. Jika tidak, kami bertiga menunggu pete-pete kuning, cukup bayar Rp.5000, pak sopir mengantar sampai tujuan.

Saya bisa menjalankan bisnis dengan nyaman. Tidak perlu khawatir terdengar si bos kalau lagi menerima telepon pelanggan. Bebas menuangkan ide-ide marketing tanpa harus terganggu pikiran masih ada email yang harus di follow up. 

Tentu saja merdeka bukan berarti semua harus indah. Langit saja gak selalu biru cerah, sering mendung, bahkan sesekali ada petirnya. Tayangan sinetron India kesukaanmu pun ada jeda iklannya, padahal jantungmu sudah berdegup kencang menunggu kelanjutan adegan si aktor dan aktris bertatap-tatapan dan berbicara dalam hati :D 

Sama. 

Menjadi ibu rumah tangga memang menyenangkan, sambil dasteran bisa menjalankan hobi tanpa terikat jam kerja. Tapi iklan menguras emosinya juga buaaayaakkkkkkkk. (tuh kan sampai butuh K berlapis)

Berbulan-bulan saya berusaha menyesuaikan diri dengan ritme kerja IRT, kadang merasa lemas duluan melihat pakaian kotor menggunung, sementara keranjang penuh pakaian bersih menunggu dilipat. 

Saya teringat istilah produk jualan di kantor dulu, barang yang cepat laku disebut fast moving product. Nah pekerjaan IRT itu perputarannya tak kalah cepat. Lantai disapu sekarang sebentar kotor, disapu lagi kotor lagi. Dibereskan di sini, di situ berantakan. Kondisi rumah rapi menjadi berantakan itu terjadi dalam hitungan menit. 

Bukan hanya beradu dengan kekompakan dua bocah mengobrak-abrik keranjang mainan, menggunting kertas, memasukkan segala macam ranting ke dalam rumah. Saya juga beradu dengan angin yang selalu merontokkan daun dua pohon mangga depan rumah. Kalau lagi rajin dua kali sehari saya menyapu halaman. Saat berat tulang diajak gerak, ya menunggu angin membawa pergi tuh daun :D 

Sekarang, saya mulai bekerja lagi. Diamanahi profesi baru yang jauh berbeda dengan sebelumnya. Yang sekarang ini tidak memakai jam kerja harus datang pukul 8 pulang jam 4 teng, tapi harus siap bekerja setiap saat jika dibutuhkan. 

Saya percaya setiap profesi ada suka dukanya. Setiap jalan hidup ada tantangannya. Kalau mau senang terus, ya nanti...di surga. 

Tulisan ini untuk menanggapi artikel #KEBloggingCollab Mak Diah Kusumastuti di sini.

23 Agu 2017

Ketika Handphone Membuang Waktumu

Ketika Handphone Membuang Waktumu

Islah, seorang ibu dua anak, mengeluhkan waktu yang sangat kurang. Dia merasa pagi baru dimulai kenapa azan magrib begitu cepat terdengar. Sementara pekerjaannya belum rampung semua. Ada pakaian bertumpuk belum dicuci, sementara jemuran kemarin menunggu dilipat. 

Islah memiliki daftar yang panjang rencana pekerjaan yang akan dia selesaikan hari itu, dia sudah berencana melakukannya satu per satu nanti. Mengapa ketika hari menjelang malam, hanya setengah dari daftar pekerjaannya yang berkurang.

Islah mengevaluasi diri, apa yang salah dengannya hari ini? 

Tadi pagi, anak pertamanya sudah berangkat sekolah. Seharusnya saat itu adalah jadwal menyapu. Tapi dia memutuskan mengambil HP, menjawab chat yang masuk. Ada percakapan menarik di grup whatsapp yang dia ikuti. Dia baru sadar, jam sudah menunjukkan pukul 9 ketika memutuskan menyimpan gadgetnya. 

Baru juga dia akan beranjak dari kursi, tiba-tiba anak kedua bangun. sudah menjadi kebiasaan ketika bocah laki-laki berusia 4 tahun itu bangun, dia akan bermanja-manja pada ibunya. Sembari meminum susu, dia akan berada di pangkuan ibunya sekitar 10-15 menit. Di saat itu, plan kerja sudah kacau, Islah sudah lupa dengan jadwal yang sudah disusunnya semalam, dan mulai mengabaikannya.

Islah mulai menyapu halaman. Selesai satu. Tapi dapur masih berantakan, bekas minyak masih banyak menempel di kompor. Tadi adiknya membuat sarapan menu telur ceplok, percikannya menyebar sampai di lantai. 

HP berbunyi, nada pesan masuk terdengar berulang. Ah, mungkin itu pesan dari calon pembeli, karena Islah seorang ibu yang juga berbisnis dari rumah, mengabaikan bunyi chat masuk bisa menghilangkan potensi rezeki. Detik ini dia sudah lupa kalau dia akan membereskan dapur.

Benar saja, seorang teman bertanya-tanya tentang bisnisnya. Islah menjelaskan apa yang ditanyakan teman dan tak lupa menawari ikut seminar untuk lebih paham. Sebenarnya percakapan online dengan teman ini hanya berlangsung 5-10 menit, tapi Islah tidak menyimpan HP setelahnya, melainkan tergoda membuka facebook. 

Beranda facebook dipenuhi cerita lucu percakapan Aylaview, Islah tidak tahan untuk tidak komentar atau sekedar memberi jempol pada status yang memang membuatnya tertawa. Aktivitas ini tidak terasa membuang banyak waktunya, hari sudah menjelang siang.

 ***

Yang saya tulis di atas itu nyata, terjadi pada tokoh Islah memakai nama saya sendiri. Mungkin saya tidak sendiri, banyak ibu-ibu lain yang mengalami hal serupa. 

Ada beberapa penghambat mengapa produktivitas menjadi sangat berkurang. Seperti tidak menyusun daftar pekerjaan dan melakukannya berdasarkan tingkat prioritas, tidak mendelegasikan yang bisa didelegasikan, dan sebagainya. 

Tapi sebenarnya penyebab utama adalah kita terlalu banyak bermedia sosial. Padahal jika dihitung-hitung, banyaknya waktu yang terbuang dengan aktivitas ini tidak sebanding dengan apa yang kita dapatkan. Malah, saya pribadi merasa telah kelebihan informasi. Otak saya bekerja lebih keras, berusaha memilah dan menyaring berita. 

Sebut saja contoh, cerita seorang istri yang baru saja kehilangan suaminya yang kanker mulut. Pada awalnya suami mengeluhkan sariawan yang tak kunjung sembuh, dan akhirnya ketahuan sakit setelah kanker yang dia derita sudah mencapai stadium akhir. Cerita sedih ini viral dalam hitungan jam di fesbuk. 

Sedikit banyak ini mempegaruhi pikiran, tadinya saya tidak mengkhawatirkan sariawan yang saya derita sejak dua pekan lalu, akibat berita viral ini saya tiba-tiba menjadi sangat khawatir. 

Itu hanya salah satu contoh saja. Jika dihitung-hitung aktivitas bermedia sosial memakan banyak sekali waktu tanpa kita sadari. Riset yang dilakukan oleh Vserv, rata-rata penggunaan smartphone di Indonesia menghabiskan waktu 129 menit per hari. Bayangkan 2 jam 15 menit! Kalau dipergunakan maksimal, waktu segitu lebih dari cukup untuk membersihkan satu rumah sampai kinclong. 

Jumlah 129 menit itu hasil risetnya, kenyataannya kita mengeloni smartphone jauh lebih lama dari itu. 

Saya pernah meng-upload di instagram @pulau_ila tentang bagaimana anak kedua saya sampai menanyakan sesuatu yang sangat menusuk. Begini percakapannya; 

Rayyan : "Mama sayang HP?"
Mama   : "Tidak"
Rayyan : " Kenapa Mama selalu pegang HP?"

Duh, detik itu handphone langsung saya singkirkan, menyimpannya di atas lemari. 

Untungnya saya segera menyadari kekeliruan ini. Saya mulai mengatur waktu kapan boleh menyentuh handphone, kapan menyimpannya. Jika ingin berselancar di dunia maya, saya mulai membatasi diri dengan cara melihat jam sebelum bermedsos supaya tidak lagi kebablasan. 

Bagaimana dengan kalian, moms? Share ya cara kalian mengatur jadwal bermedsos di kolom komentar.

Artikel ini untuk menanggapi tulisan Mak Irna Octaviana Latif di sini

16 Agu 2017

Boston


Boston. Sulit untuk tidak menyimpan nama dia dalam pikiran atau hatimu, walaupun baru pertama kali bertemu. 

Perawakan besar cenderung bulat. Kepala botak, bibir tebal yang selalu berbentuk bulan sabit. Wajahnya selalu terlihat tersenyum. 

Kalau baru ketemu, tanganmu akan dijabat erat. Siapapun kamu, entah kamu memang suka lawakan atau tipe pendiam, kamu akan tetap mendengar joke keluar dari mulutnya. Dia tidak akan peduli lucu atau tidak, tapi biasanya yang mendengar akan tergelak. Bisa jadi bukan karena banyolannya, tapi mimik dan tingkah laku Boston memang mengundang tawa.


Dia adalah penghibur terbaik yang pernah saya kenal. 

Kadangkala, jika kami berjumpa dengan kenalan baru, dia melontarkan kalimat-kalimat lucu. Biasanya bukan kawan baru itu yang heboh tertawa tapi saya yang terpingkal-pingkal.

 Umumnya jika berada di kantor, bahan gurauannya adalah saya, pilihan Boston selalu jatuh pada saya.
"Eh, kenapa kalau bilang tua liatnya ke Nuri" katanya sambil tersenyum jail.

Lihatlah, dia menyebutku Nuri, padahal rekan kerja yang lain memanggilku Ila atau Islah. Dia senang menjuluki teman-teman akrabnya dengan nama alias bikinan sendiri. Dan itu sifatnya tidak sementara, tapi selamanya. 

Baca juga contoh obrolan kami di Fun with coffee

Pedda untuk Asrul, Om Sod untuk Yoseph, Bemz untuk Vetri, Emmang untuk Noni. Yang terakhir hanya karena nama lengkap Noni adalah Emma Noni. 

Apakah ada yang marah? 

Mungkin pada awalnya iya. Kenyataannya kami tidak akan pernah sanggup marah lebih dari sehari pada Boston. 

Selama 12 tahun mengenalnya, sekali saya pernah marah. Gara-gara bertanya padanya saat dia sedang sibuk. Tetiba jawabannya ketus, saya ngambek seharian. 

Apa yang dilakukan Boston? 

Dia berkeliaran di sekitarku sepanjang hari, merayu-rayu, bikin lelucon sampai saya mau tertawa lagi. Padahal dia sedang sibuk. Endingnya, kami berbaikan sebelum balik ke rumah. 

Saling meledek kami lakukan hampir tiap ketemu. Dia bilang sesuatu untuk lucu-lucuan, saya menimpalinya. Selalu begitu. Kami terlihat tidak akur tapi selalu tertawa bersama. Hubungan yang aneh ya. 

Walaupun demikian, hampir seluruh masalah saya ceritakan padanya. Di antara semua teman dialah yang paling tahu isi hati dan kepalaku. 

Dia yang mula-mula tahu ketika bapak sakit. Dia yang pertama datang saat saya akan melahirkan karena dialah yang mengantar ke rumah sakit, dia yang tahu pertama saat saya berencana resign, bahkan berbulan-bulan sebelumnya. 

Saya tidak pernah sungkan curhat padanya karena saya tahu hatinya seputih kertas, tak akan dia sebar rahasia di belakang. Saya tahu dia akan menjaga rahasiaku.

Ketika curhat, dia selalu memberi solusi, kadangkala terasa menggurui, kadangkala dia memarahi, kadangkala dia menyalahkan. Tapi saya tetap plong berbicara padanya, karena saya tahu apa yang dikatakannya benar, semua untuk kebaikanku. 

Dia editorku. Draft artikel paling mentah untuk ditayangkan di blog pun sering saya kirim kepadanya. Susah untuk mendapatkan pujian. Dia menyuruh ganti ini itu. 

"feelnya tidak dapat" 
"Kalimatnya lompat-lompat" 

Mungkin dia satu-satunya editor yang tidak bisa menulis, tapi dia pembaca berita online yang bagus. 

Dia teman yang paling senang pada apapun pencapaianku. Ketika mengkritik dia jujur, ketika memuji dia tulus. 

Baca juga artikel tentang Boston di Kesabaran Berbuah Bahagia

Dari Boston saya mendapatkan definisi me time yang kurang saya sepakati. Me time itu kamu melakukan hal yang kamu sukai tanpa peduli akibatnya. Tak perlu hirau baik untuk kesehatan atau tidak. Saya gemes dia berprinsip begitu.

Boston sangat hobi main game, sering kebablasan sampai larut malam. Dia suka makan makanan enak. Siapa yang tidak suka ya? Bedanya ketika Boston menyukai sesuatu, tidak tanggung-tanggung, benar-benar sampai puas. 

Saya angkat topi betapa Boston menikmati hidup. Tapi saya gerah melihatnya begitu, dan teramat sering membicarakannya sambil berdebat.

Hidup hanya sekali katanya, "Nikmati saja!" 

Boston, teman terbaik itu pergi tgl 13 Mei 2017, sepekan sebelum air kangen yang saya janjikan padanya datang. 

"Katanya kamu mau lihat saya sehat, nanti kasih gratis segalon nah" 
"Kalau untuk kamu apa yang tidak bisa Ton" 

Itu salah satu percakapan saat chat panjang terakhir kami, 4 hari sebelum kematiannya. 

Boston meninggal mendadak, tiba-tiba dadanya sakit sepulang acara ulang tahun ibunya. 

Beliau role model dalam berteman. Sampai sekarang, ketika merasa kurang nyaman pada seseorang saya akan bertanya pada diri sendiri "Kalau begini, kira-kira Boston akan bersikap bagaimana?" 

Ton, saya tidak menduga kamu pergi begitu cepat. Yang pasti ada sekeping hatiku hilang, belum sempat kusampaikan padamu kalau kami semua sayang padamu brother.

13 Jun 2017

5 Gaya Formal Cardigan Batik Muslimah


5 Gaya Formal Cardigan Batik Muslimah [Sponsored Post]

Siapa sih yang tak kenal dengan cardigan

Jenis pakaian yang satu ini merupakan pakaian luar yang sangat digandrungi wanita. Bahkan kini wanita muslimah yang mengenakan hijab juga bisa menggunakan cardigan sebagai andalan. Ada banyak sekali variasi gaya cardigan yang siap menyempurnakan penampilan kita.

Kalau tak ingin ketinggalan saat bergaya, yuk kenali dulu 5 gaya formal cardigan batik muslimah berikut ini!

Cardigan Cantik Berbahan Songket 

Kita akan kelihatan lebih elegan jika menggunakan cardigan berbahan songket pada acara-acara formal. cardigan berbahan songket biasanya dibuat dari benang berkualitas dengan warna-warna yang terkesan glamor. Jenis outer yang satu ini mudah dipadukan dengan variasi baju polos lainnya. 

Cardigan Batik dan Kemeja Polos

Perpaduan cardigan batik dengan kemeja polos akan membuat penampilan wanita muslimah semakin elegan. Kalau ingin lebih serasi, sesuaikan saja warna cardigan batik dengan warna kemeja yang kita kenakan. Hindari cardigan ketat agar kita tetap tampak sopan dan leluasa beraktivitas.

Gamis yang Dipadukan dengan Cardigan 

Siapa bilang mengenakan gamis membuatmu jadi tidak bisa memakai cardigan. Justru gamis polos bisa dipadukan dengan cardigan untuk menampilkan kesan etnik. Gaya berpakaian yang satu ini merupakan alternatif tepat bagi kita yang bosan dengan gamis aneka motif. Kita bisa melakukan berbagai aktivitas secara nyaman sepanjang hari dengan gamis dan cardigan batik. 

Warna Cardigan yang Senada dengan Hijab 

Bila ingin penampilan makin matching dan manis, pilih saja warna cardigan batik yang senada dengan warna hijab. Usahakan untuk mengombinasikan maksimal 3 warna. Supaya penampilan kita tak kelihatan berlebihan. Aneka warna netral seperti cokelat, hitam, dan abu-abu adalah pilihan warna terbaik karena mudah dipadukan dengan jenis warna lainnya. 

Penampilan Elegan dengan Cardigan dan Jump Suit

Cardigan batik muslimah juga tampak serasi jika dipadukan dengan jump suit berwarna gelap. Kita bisa mengandalkan perpaduan gaya ini saat beraktivitas di kantor atau menghadiri pesta. Tambahkan aksesori pelengkap berupa ikat pinggang atau kalung untuk menyempurnakan penggunaan cardigan batik dan jump suit.

Jangan berkecil hati bila belum memiliki cardigan batik yang menarik. Yuk belanja dulu di MatahariMall. Karena MatahariMall punya koleksi cardigan dan busana muslim yang lengkap, berkualitas, dan harganya terjangkau. Belanja pakaian, pasti bikin kita ingat MatahariMall.

7 Mei 2017

Salah Satu Rekomendasi Online Shop SK II


Hai girls, kamu yang suka produk sk ii harus baca ini! 

Kok begitu amat sih kalimat pembukanya ya hehehe 

Jadi begini.. 

Artikel “Mengecek Keaslian SK II” yang saya tulis tahun 2015 silam, tidak disangka tidak dinyana menduduki halaman pertama google dengan mengetik kata kunci “mengecek Sk ii”, “sk ii asli” dan sejenisnya. Sehingga postingan tersebut benar-benar menjadi penyumbang terbesar visitor organik di www.nurislah.com, kejar-kejaran dengan artikel “Membuat Kanopi Sendiri” 

Saya tidak menyangka, tulisan yang saya tulis ala kadarnya itu, bisa menyumbang traffic lumayan buat blog tercinta ini. Apalagi saya bukan beauty blogger dan tidak pernah mereview produk kecantikan sama sekali di blog. 

Nah terkait hal itu, banyak pertanyaan lanjutan dari teman-teman yang menanyakan di mana sih tempat membeli sk ii asli. 

Untuk itu, kali ini saya ingin membagi info tempat saya membeli sk ii dua tahun belakangan ini. 

@skii_world 

Ketemunya di mana? 

Lupa tepatnya kapan, secara tidak sengaja saya membaca tulisan di blog salah seorang beauty blogger, lupa pula namanya siapa. Di situ dia menyinggung tempat langganan belanja SK II. Setelah saya cek IG yang dia maksud, benar-benar racun. 

@Skii_world dimiliki oleh Via Winata. Wanita ini masih berusia 26 tahun tapi sudah sukses jualan online. Jumlah followernya sampai artikel ini ditulis mencapai angka 56.8K! 

Awalnya doski fokus jualan Sk II saja, belakangan skin care nya semakin bervariasi dengan produk merk-merk yang terkenal premium lainnya seperti Laneige, Nature Republic, Miladopiz, Lancome, dll. 

Kenapa saya betah belanja di sini?

Karena harganya murah sis. 

Lihat saja time line IGnya, diskonnya gede, ditambah produk lagi. Misalnya nih kamu beli RNA Essence 50 ml seharga 1.350.000, itu sudah jauh di bawah harga normal, yaitu 1.933.000. Tidak sampai di situ ,kamu juga mendapatkan gratis 1 pcs RNA cream 15 gram senilai 210rb. Lebih murah kan? Kalau dituruti bisa bikin ATM bergetar-getar menggelepar.

Lapaknya mungkin ada di berbagai marketplace, tapi saya biasanya belanja dengan melihat dagangan dia di Instagram. Kemudian chat langsung via line atau whats app. Anaknya ramah, fast response, karena jumlah staf yang membantu juga ada beberapa. 

Keasliannya bagaimana? 

Beberapa tahun berturut-turut Via Winata mendapatkan predikat top buyer sk ii. Hadiahnya gak main-main, biasanya iphone keluaran terakhir. 

Kok saya tahu? Iya karena dia sering menjual hadiah yang dia dapatkan di Instagram. Kalau sudah jadi top buyer dan resmi diapresiasi SK II, masa iya sih produk yang dia jual palsu. 

Di saya kekurangannya satu, ongkirnya agak mahal. @Skii_world selalu pakai Jne reguler yang tarifnya lebih premium. Tapi segera saya pahami ketika menanyakan alasannya, supaya barang yang dia kirim lebih aman sampai di tempat tujuan.

Semoga artikel singkat ini bisa membantu teman-teman yang jauh dari gerai resmi SK II. Ini salah satu rekomendasi saja. Jika teman-teman punya online shop langganan yang lain, boleh ya ditulis di kolom komentar. 

Happy shopping!

Semoga bermanfaat 

Nb : penting! ini bukan sponsored post, tapi kalau dapat gift dari @skii_world setelah baca tulisan ini, lain cerita ya :D

25 Apr 2017

Memilih Nutrisi Tepat di Masa Kehamilan


Banyak ditemukan bayi lahir berukuran kecil padahal kenaikan berat badan ibunya sangat tinggi selama hamil. Ini terjadi akibat ibunya makan banyak tapi jenis makanannya tidak memiliki cukup kandungan gizi yang dibutuhkan. Hal ini dipicu oleh anggapan bahwa makan ketika hamil harus dobel porsi.

"Bukan tidak boleh makan banyak, tapi sebaiknya asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh menutrisi janin” kata Dr Tan Shot Yen, seorang pemerhati nutrisi dan praktisi energy healing .

Lebih lanjut Dokter Tan mengatakan bahwa apabila indeks tubuh termasuk kategori normal yaitu indeks massa tubuh 18,5-22,9 sebelum hamil, maka pertambahannya ketika mengandung bisa ditoleransi hanya sampai 10-11 kg atau rata-rata sekitar 1/2 kg per minggu (diatas tri semester pertama). Jika melebihi angka tersebut maka bisa berakibat buruk bagi sang ibu.

Bukan hanya unsur vitamin dan mineralnya, bahkan bau makanan yang dikomsumsi ibu hamil bisa dicium oleh sang janin lho. Dalam sebuah penelitian, diuji coba pemberian kapsul susu dan kapsul bawang putih pada ibu yang berbeda di usia kehamilan 6 bulan. Hasilnya saat pecah ketuban, dokter bisa menebak ibu mana yang mengkomsumsi bawang putih dan yang mana rutin minum kapsul susu.

Untuk itu sebaiknya para ibu menyadari bahwa apapun makanan yang dia komsumsi akan terpecah menjadi molekul-molekul kecil dalam usus, nutrisinya akan dialirkan ke seluruh tubuh, termasuk ke plasenta tempat janin berada. 

Kenapa ibu hamil membutuhkan nutrisi yang baik? 

Nutrisi yang tercukupi akan membantu perkembangan janin di dalam kandungan. Terutama kaitannya dengan perkembangan otak. Janin yang berusia 5 bulan sampai anak berusia 5 tahun sangat membutuhkan gizi yang baik agar cerdas dan pertumbuhan badannya juga baik.

Makanan apa yang tepat untuk ibu hamil?

Berikut ini adalah jenis-jenis nutrisi beserta contoh makanan yang sebaiknya dikomsumsi selama hamil. 

Asam folat

Asam folat bisa didapatkan dari roti gandum, alpukat, kacang almond, pisang, dan bayam. Kegunaannya banyak sekali diantaranya untuk pembentukan sel darah merah pada ibu hamil dan mencegah kecacatan otak atau kecacatan tabung syaraf pada janin. 

Vitamin D

Untuk menjaga penyerapan dan pemanfaatan kalsium pada masa kehamilan. Vitamin D yang cukup juga mengurangi resiko tekanan darah tinggi dan diabetes. Sumber asupannya berasal dari Ikan tuna, salmon, dan susu. Vitamin ini selain didapatkan dari makanan, juga dari sinar matahari.

Zat besi 

Sebaiknya ibu hamil mengkomsumsi tomat, kentang, daun bayam, kacang merah, dan daging merah agar zat besinya terpenuhi. Ini perlu untuk mencegah terjadinya pendarahan, anemia dan persalinan prematur. 

Vitamin A 

Sangat disarankan kepada ibu hamil untuk banyak mengkonsumsi buah dan sayuran, utamanya wortel. Selain untuk kesehatan mata, juga sebagai anti oksidan yang akan membuat kulit menjadi lebih baik. 

Kalsium

Tulang terasa linu adalah salah satu tanda tubuh kita kekurangan kalsium. Hal ini sering dikeluhkan oleh ibu hamil. Wajar, karena kalsium ibu diambil oleh janin. Sehingga sangat penting ibu hamil mengkomsumsi makanan seperti kacang, yogurt, kacang kedelai, dan brokoli agar kebutuhan akan nutrisi ini terpenuhi. Dan jangan lupa kalsium dari susu juga sangat membantu pertumbuhan janin, membuat tulang anak kuat, tinggi badannya serasi. 

Itulah nutrisi makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh ibu hamil agar proses kehamilan sampai persalinan berjalan lancar, janin sehat, lahir sebagai anak kuat dan cerdas.


Referensi: dari berbagai sumber

19 Apr 2017

Makan Siang di Pantai Ujung Batu Barru


Sabtu pagi, Tante menelpon mengajak ke Pantai. Dia dan keluarga yang lain dalam perjalanan, mereka berencana pulang kampung ke Soppeng. Maklumlah liburnya cukup panjang, selain mudik, mereka bermaksud singgah rekreasi dulu di Barru. Jadi sekali dayung dua tiga pulau terlampaui, sekali berangkat dua tiga maksud tercapai.

Awalnya saya ragu bisa tiba tanpa kesasar, Tante bilang lokasinya di Pantai Batu, sementara yang muncul di mesin pencarian hanya ada Pantai Ujung Batu. Saya sampai menelepon teman segala untuk memastikan kalau yang itu benar tempat yang sama.

Objek wisata ini terletak di Jl Ladullah, Kelurahan Sumpang Binangae, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru. Lokasinya tidak jauh dari kota. Kalau kamu berangkat dari arah Parepare hendak ke sini, lihat tugu langsung belok kanan saja, lanjut terussss sampai ketemu lapangan, belok kiri di belokan pertama...nah tidak lama lagi kamu akan melihat pantai, telusuri sampai ujungnya. Itu kata teman yang memandu via telepon. Rupanya benar, setelah melewati tugu yang dimaksud, tidak lama kemudian lokasinya kami temukan.

Jarak antara tugu dan Pantai Ujung Batu hanya sekitar kurang lebih 1 km saja. Gerbang tertutup palang, seorang lelaki separuh baya bertopi menyambut. Kami dikenakan biaya masuk Rp.20rb untuk satu mobil berapapun jumlah penumpangnya, tapi tidak pakai karcis :p

Baca juga Sehari Bersama Ayah di Pantai Tonrangeng Parepare

Tidak ada yang terlalu istimewa dengan Pantai Ujung Batu, miriplah dengan pantai-pantai pada umumnya. Yang membedakan, pepohonan di sana cukup rimbun, dan letaknya tidak jauh dari air. Jadi walaupun matahari sedang terik-teriknya, kita tetap bisa menikmati suasana.

Di lokasi ini tersedia beberapa balai-balai, gazebo, musholla, dan bangunan-bangunan lain. Cuma sayang sekali tampak kurang terurus. Sepertinya tempat ini sering dipakai outbond, peralatan-peralatannya masih bergelantungan di atas pohon. Di sudut lain, terlihat sebuah perahu bebek-bebek, bagian dalamnya mulai tergenang tanah, ia beralih fungsi sebagai panjangan taman saja.

Tanpa ba bi bu, anak-anak langsung minta berenang, bergabung dengan tante-tante kecilnya. Adek Ayyan senangnya bukan main. Kata Pap Nay, saking semangatnya nih anak sampai 3 kali hampir tenggelam, begitulah kalau badan imut tapi berani main ke tengah. Untung yang mengawasi banyak.

Pantai ini lumayan ramai, makin siang makin banyak yang berkunjung. Mungkin karena itu tadi, teriknya matahari tidak begitu terasa di sini. Jadi bisa datang kapan saja.

Baca juga Di Antara Hujan dan Senjata

Oh ya di sepanjang pantai, banyak perahu terparkir, beberapa nelayan beraktivitas di sekitar pantai, ada yang sekedar duduk ngobrol merintang waktu, ada pula yang merapikan perlengkapan perahunya.

Daaaan .....Di sini kampung tengahku sesak :D

Makanannya yang dipersiapkan rombongan melimpah, satu box besar berisi aneka macam sea food mentah siap bakar. Tukang bakarnya bolak-balik membawa Baronang, Kakap dan Katombo yang mengepul. Disantap bersama sambel terasi, beradu dengan nasi putih..dududu bikin lidah bergoyang. Belum juga ikannya habis, datanglah maestronya kolestrol :D udang besar merah seksi minta segera dikuliti. Benar-benar sukses bikin gagal usaha diet sepekan ini.

Di antara yang hadir ada uncle-uncle n onty dari Makassar beserta krucilnya, ada Om Hamid yang memang stay di Barru, dan kami dari Parepare. Jika orang bilang tidak ada pertemuan tanpa perpisahan, sekarang beda lagi “tidak ada pertemuan tanpa foto-foto”. Acara ngumpul-ngumpul di Pantai Ujung Batu Barru ditutup dengan foto bareng.

Itu cerita akhir pekan kami, yuk intip keseruannya di video ini.

13 Apr 2017

Mengajak Anak Bermain di Hutan Jompie Parepare

Hutan_Jompie_Parepare
Ada yang berbeda pada Hutan Jompie, beberapa bangunan baru muncul di sebelah utara hutan, di sekitar areal gerbang. Satu dua bangunan lama yang dulunya kumuh sudah selesai dipugar, dicat dengan warna terang. Saat kami datang, pembangunan di Kebun Raya Jompie masih berlanjut, beberapa orang terlihat sedang bekerja, ada yang melakukan pengukuran, mengaduk semen, dll. Di beberapa sudut juga terlihat media tanam berupa gundukan campuran sekam dan kompos yang siap pakai.
Hutan_Jompie_Parepare
proses pengukuran oleh pekerja proyek

Masuk lebih dalam, gazebo-gazebo tua yang dulunya berdiri di tengah hutan, sekarang sudah di robohkan, jejaknya pun sudah tidak kelihatan. Untunglah, penampakan gazebo itu memang cukup menganggu, memberikan kesan peraih gelar hutan kota terbaik keenam di Indonesia ini kurang terurus. 

Sepertinya pemerintah sedang concern memperindah tempat ini untuk memaksimalkan fungsinya. Selain sebagai penyumbang oksigen terbesar juga menjadi pilihan objek wisata bagi masyarakat. Revitalisasi Hutan Jompie sudah mulai dilakukan sejak tahun lalu. Kabarnya dana yang dikucurkan oleh pemerintah pusat mencapai Rp. 16.7 M.
Hutan_Jompie_Parepare
Yang baru di lokasi hutan

Ahad, 09 April 2017 kami ke sana untuk kedua kalinya. Kalau kunjungan sebelumnya kami pergi berempat, kali ini lebih ramai. Mirza, tetangga teman main Naylah dan Rayyan juga ikut serta. 

Setahun yang lalu, Adek Ayyan masih berumur 2 tahun, harus selalu dipegang tangannya agar tidak tergelincir. Sekarang agak santai, kami biarkan dia berjalan dan berlari sendiri. Lagipula jalan setapaknya kering, tidak berlumut seperti dulu. Oh iya, kali ini nyamuk juga berkurang, mungkin karena dua hari belakangan ini Parepare bercuaca cerah, hujan belum pernah turun. Binatang kaki seribu yang bikin bulu kuduk berdiri, sekarang tak satupun kami jumpai.
Di dalam hutan, anak-anak berkicau riang, berjalan, berlari, singgah memilih-milih ranting kayu yang cocok dijadikan tongkat. Mereka meneriakkan kalimat “mari berpetualang!” setiap kali ketemu semak rimbun yang menutupi jalan, mungkin mereka terinspirasi dengan film-film kartun yang mereka tonton di TV. 

Hutan_Jompie_Parepare
Mengenal alam
Sepanjang jalan, ada saja hal-hal baru yang menarik perhatian mereka, seperti jamur yang menempel di batang pohon mati, tanaman berduri yang pemalu dicolek daunnya mengatup, lebah-lebah yang mengerumuni bunga, getah pohon mengering yang mirip kristal, bunga-bunga berbentuk bintang, dll. Biasanya kami selalu berhenti, membiarkan mereka mengamati. Kadal yang tetiba melintas, juga menarik perhatian mereka, sayang binatang itu dengan gesitnya berlari, menerobos semak tak membiarkan penontonnya mendekat. 

Pohon-pohon besar berusia puluhan atau ratusan tahun masih ada di sana, memamerkan bodinya yang makin kokoh. Papan sederhana bertuliskan nama latin mereka juga sebagian tetap setia menempel di batangnya. Beberapa pohon nangka telah berbuah, sayang buahnya kelihatan kurang sehat, terlihat menghitam dan rusak.

Walaupun kami berangkat saat posisi matahari hampir tinggi, tapi di dalam hutan teriknya tidak begitu terasa. Hanya saja, karena mengelilingi hutan dengan berjalan kaki ditambah tenaga ekstra yang dikeluarkan untuk teriakan menyuruh bocah hati-hati, wajah basah oleh keringat. Medannya juga menurun menanjak, lumayanlah membakar kalori sisa dinner semalam. 

Kurang lebih sejam di tengah hutan, anak-anak terlihat puas, kami ngaso di lokasi yang lapang. Tidak ada nyamuk di sini, agak bersih dari semak, dan banyak tanaman palemnya. Di taman Palem inilah kami menikmati bekal. 

Puas foto-foto, peluh mengering, adzan dzuhur sayup mulai terdengar, kami pulang membawa satu kresek sampah bekas makan dan sekantong kenangan buat anak-anak.

Nonton video keseruan jalan-jalan di Hutan Jompie.


Lokasi : Hutan Jompie atau Kebun Raya Jompie 
Alamat : Kelurahan Bukit Harapan, Kecamatan Soreang, Kota Parepare, Sulawesi Selatan
Tiket masuk : gratis

5 Apr 2017

#Sosok Norah Vincent: Menjadi Lelaki Demi Sebuah Buku

Norah_vincent

Riset untuk sebuah buku, lazim dilakukan oleh penulis manapun, baik itu penulis fiksi maupun non fiksi. Pengamatan langsung pada suatu objek akan memberikan ruh pada tulisan. Saya jadi ingat seorang teman penulis bercerita, dia pernah membuat akun palsu agar bisa masuk ke grup-grup tertutup kaum homoseksual, mencoba menyelami kehidupan mereka demi novel yang sedang ditulisnya. Jangankan menulis buku, membuat artikel blog saja tetap harus melakukan riset, agar tulisan lebih berbobot. Caranya macam-macam, bisa dengan membaca, wawancara atau hanya sekedar bertanya melalui status Facebook. 

Wajar jika penulis menggali bahan tulisan lebih dalam melalui riset, apalagi jika yang ditulis bukan merupakan kebiasaan sehari-hari, pengalaman hidup, tempat yang jauh dari lingkungan kita, atau suatu lokasi yang tidak pernah kita lihat sebelumnya. Tentu saja riset di sini menjadi sangat penting. 

Berbicara tentang riset demi sebuah buku, sepertinya belum ada yang menyamai kenekatan Norah Vincent yang akan saya ceritakan di bawah ini. 

Kenapa? karena Norah Vincent pernah menjalani peran sebagai lelaki selama 18 bulan! 

Bukan menyamar dalam 1-2 jam/hari lho ya, tapi dia benar-benar mengubah total fisiknya. Dia bermetamorfosis dari Norah menjadi Ned. Ketika menyamar sebagai laki-laki, dia pernah bekerja pada sebuah perusahaan, masuk ke klub-klub striptease, ikut klub bowling, menginap di biara katolik, dll tanpa ketahuan sama sekali.

Norah sendiri mengaku awal mulanya dia kepikiran melakukan itu setelah melihat tayangan televisi, sebuah acara yang menayangkan beberapa orang perempuan dan laki-laki bertukar peran. Ini semacam reality show untuk menaikkan rating TV. Dari situ kemudian Norah kepikiran, sepertinya dia bisa melakukannya dengan lebih baik. 

Norah sedang belajar teknik pernafasan agar suranya mirip pria
Tidak main-main, Norah mengikuti program fitnes agar bahunya tampak lebih lebar, lehernya lebih besar supaya orang tidak menyadari kalau tidak ada jakun di sana. Dia belajar membuat janggut palsu, melatih teknik pernafasan dalam berbicara supaya suaranya mirip pria. Demi risetnya ini, Norah juga dengan rela meninggalkan pekerjaannya sebagai kolomnis opini di Los Angeles Times 

Dalam bukunya Female Undercover, buku yang begitu menarik perhatian publik pada tahun 2006, Norah menuangkan semua pengalaman hidupnya menyamar sebagai Ned selama kurang lebih 18 bulan. 

Tidak banyak perempuan yang memiliki keinginan dan keberanian sebagaimana Norah lakukan. Dia benar-benar total dalam menjalankan perannya sebagai laki-laki. Norah mengikuti grup bowling, bergaul berbulan-bulan setiap senin malam dengan kumpulan laki-laki brewok yang berbicara kasar dan semaunya. Dari situ dia jadi tahu perbedaan laki-laki dan perempuan dalam hal bahasa, ketulusan, kebaikan hati, pertemanan antar lelaki, dan bagaimana laki-laki mencurahkan perasaannya. 

Untuk tahu bagaimana anggapan laki-laki terhadap seks, selama berminggu-minggu Norah menjadi pengunjung tetap beberapa klub penari telanjang. Bukan hanya mengamati dari jauh, atau sekedar jadi penonton. Tapi dia benar-benar maju ke depan, mendekati bibir panggung dan berinteraksi langsung dengan para penari telanjang dengan meminta lap dance service

Sebagai Ned, dia juga melamar pekerjaan dengan memakai jas lengkap. Di situ Norah merasakan perbedaan sikap orang-orang dalam memperlakukannya sebagai laki-laki . Norah mengatakan ketika dia menjadi Ned, dia tidak perlu banyak berbasa-basi saat mengungkapkan keinginan, dibandingkan saat dia sebagai perempuan yang selalu memulai kalimat dengan permintaan maaf. 

Dalam sebuah therapy club, sebuah perkumpulan terapi laki-laki bermasalah, Norah mengamati bagaimana laki-laki mencurahkan perasaannya. Ibarat memikul bola dunia di punggungnya, laki-laki harus bertanggungjawab penuh dengan ketersediaan pangan keluarganya. Banyak dari mereka sebenarnya merasa beban tersebut terlalu berat tapi tetap harus dipikul demi keluarga.

Kehidupan biara juga pernah dimasuki oleh Ned. Di sana, dia meneliti kehidupan biarawan dengan cara tinggal dan berinterakasi dengan mereka selama beberapa minggu. Sekali lagi tanpa ketahuan sama sekali. 

Totalitasnya tersebut harus Norah bayar mahal, setelah kembali menjadi perempuan dia sempat mengalami gangguan jiwa. Dia didera perasaan bersalah berkepanjangan, merasa telah menipu teman-teman lelakinya yang sudah terlanjur mempercayai dan menyayanginya sebagai Ned. Pengalamannya ketika sakit tersebut dituangkan lagi ke dalam buku yang berjudul Voluntary Madness. 

Penasaran ya dengan sosok Norah Vincent itu bagaimana? Kok bisa-bisanya berkeliaran sebagai seorang pria, membaur di masyarakat, bahkan hampir bercinta dengan wanita asli tanpa ketahuan. Saya coba cari di Youtube, profilnya sangat mudah ditemukan. Dia terlihat sangat cantik, hidungnya bangir, bibirnya bagus, dan mataunya besar. Ketika berubah menjadi Ned, dia terlihat seperti laki-laki muda yang tampan dan dandy. Pantas saja, dalam masa penyamarannya, Ned sempat memikat beberapa wanita untuk menjadi teman kencannya. 

Sumber gambar: http://523fgf.cu.cc/page/norah-vincent-self-made-man-dating/
Hampir di semua akhir petualangan Ned di setiap tempat baik itu di biara, klub bowling, dengan teman-teman kencannya, Norah selalu mengakui bahwa dia sedang menyamar. Semua terkejut, tapi bisa menerima dengan baik setelah mengetahui alasan di baliknya. Penyamaran yang dilakukan Norah sangat sepadan, bukunya Female Undercover menuai pujian di mana-mana, karyanya dianggap sebagai salah satu suara baru yang paling segar dan berani dalam jurnalisme amerika. 

#pecintabukulama

31 Mar 2017

Pengalaman Ikut Lelang Online IBID

Pengalaman_ikut_Lelang_Online_Ibid


Yey...si XPS idaman sudah datang! 

Bergegas saya buka ransel yang bertuliskan “Designed for Dell”, terlihatlah benda berwarna silver, bentuknya tipis dan ringan. Saat pandangan pertama sih doi terlihat kurang cakep, tapi setelah dilap,... jreng...jreng..syantikkk dan mulus. 

Waktu Pap Nay tes pertama kali; touchpad-nya tidak berfungsi dan tombol power kadang ngadat. Untungnya si hubby my handy man bisa memperbaikinya. Ternyata, hanya perlu install software untuk touchpad. Sedangkan untuk tombol powernya wallahuallam diapakan sama dia, sampai sekarang masih normal-normal saja. Memang tangan Pap Nay itu ajaib *Berkejap-kejap penuh cinta 

Konon nih ya, DELL XPS13 ini dibeli pertama kali oleh perusahaan harganya sampai puluhan jeti (sekarang harga barunya pasti jauh lebih murah). Sementara saya keluar duit untuk laptop ini hanya 2,5 juta.

Kok bisa? 

Jadi ceritanya begini.

Sebelum resign, Mas Benny yang bertugas mengurus barang-barang IT email ke kami, dia mengabarkan bahwa ratusan laptop kantor akan dilelang di Ibid. Benar-benar pucuk dicinta ulam pun tiba, mengena dengan cita-cita saya: “Budget ngepas, tapi dapat spek tinggi” 

Nah, tanpa pikir panjang, ikutlah saya lelang tersebut. Sedikit saya ceritakan prosedur dan tipsnya ya. 

Apa sih Ibid itu?

Ibid—Balai Lelang Serasi adalah salah satu penyelenggara penjualan kendaraan (motor, mobil dan alat berat) bekas dengan sistem lelang kepada perusahaan maupun perorangan. Berdiri sejak tahun 2007, Ibid merupakan anak perusahaan PT. Serasi Autoraya yang bernaung di bawah bendera Grup Astra. Berawal dari adanya peraturan pemerintah yang mewajibkan melelang kendaraan harus melalui badan lelang resmi dan adanya kebutuhan dari beberapa perusahaan yang ingin menjual kendaraan-kendaraannya dengan jumlah banyak, serta menggunakan sistem lelang, maka dibentuklah Ibid – Balai Lelang Serasi. Belakangan, bukan hanya kendaraan saja, tapi juga barang elektronik seperti laptop juga ikut dilelang oleh Ibid. 

Bagaimana cara mengikuti proses lelang di Ibid?

Pertama, kamu yang berniat menjadi peserta lelang harus register terlebih dahulu di http://online.ibid.co.id/ Seperti biasa saat register, kamu harus memasukkan data berupa email, password dan no hp. Pastikan juga soft copy KTP/SIM terlampir saat mendaftar. Setelah submit, pemberitahuan verifikasi akan muncul di inbox email kamu.

Kedua, menyetor uang jaminan

Nominal jaminannya berbeda-beda, tergantung jenis barangnya: Laptop 100rb, motor : 1jt, sedangkan mobil : 5 jt

Setelah membayar jaminan, jangan lupa melakukan konfirmasi di menu profile dengan melampirkan bukti transfernya ya. Bukti transfer ini nantinya akan digunakan untuk mendapatkan NPL (Nomer Peserta Lelang). NPL ini semacam hak untuk bisa melakukan bid. Kalau uang jaminannya hanya 100rb berarti cuma dapat satu NPL, kamu hanya berhak menawar satu laptop. Jika transfer 200rb ya berarti kamu berhak menawar dua item sekaligus.

Ketiga, proses lelang

Nah ini bagian yang paling penting. Beberapa teman yang ikut kurang beruntung dan tidak memenangkan satu unit pun saat lelang yang berlangsung tanggal 09-13 feb 2017 kemarin. Untuk itu saya akan memberikan sedikit tips yang saya lakukan, mudah-mudahan bisa membantu teman-teman yang berminat mengikuti lelang online Ibid selanjutnya.

1. Pastikan meneliti kondisi item-item yang ditawarkan.

Laptop yang ditawarkan hampir 300 unit. Kamu bisa baca-baca dulu detail informasinya jauh-jauh hari sebelum lelang dimulai. Kalau pengalaman saya kemarin, untuk menghemat waktu saya memilih harga tertinggi dengan spesifikasi tertinggi. Dengan asumsi yang termahal tentu paling bagus. Maklum, kami gambling dengan kondisi laptop karena tidak melihat langsung. Lagipula range harganya hanya berkisar 1jt-2jt saja.

2. Tetapkan standar harga maksimal

Tetapkan harga maksimal sejak awal, sesuaikan dengan budget yang kamu sediakan. Percayalah saat proses perang harga nanti, sedikit banyak kamu akan dipengaruhi perasaan. Jangan sampai kebablasan gigih mempertahankan satu unit, padahal jatohnya sudah kemahalan.

Kamu juga bisa menggunakan fasilitas automatic bid. Aturan lelang untuk laptop, kita bisa melakukan penawaran dengan kelipatan 50rb. Dengan adanya automatic bid, kita tidak perlu repot menaikkan harga setiap saat. Bagusnya lagi pihak lawan tidak tahu berapa harga tertinggi yang dipasang. Sehingga apabila dia menawar, asalkan masih di bawah harga automatic bid , maka tetap kamulah yang akan jadi pemenangnya. 












3. Pastikan jaringan internet yang kamu pakai koneksinya cepat, karena pada saat lelang berlangsung, akses ke web Ibid sangat padat. 

4. Mempunyai partner lebih baik

Usahakan bekerjasama dengan saudara, teman atau suami saat melakukan bid, tapi kalian harus berada di lokasi yang berbeda ya. Kemarin saya bisa memenangkan lelang karena dibantu suami menawar. Maklum mendekati detik-detik terakhir penutupan lelang, web akan sangat sulit diakses. Sehingga, saat saya tidak bisa menaikkan penawaran karena internet ngadat, proses menawar masih tetap bisa dilakukan suami di tempat lain.

5. Pantau terus barang incaranmu sampai ada pemberitahuan kamulah pemenangnya 

Jadi rupanya, saat lelang ada perpanjangan waktu beberapa menit. Jika buru-buru meninggalkan lelang, barang idaman masih bisa ditawar oleh orang lain. So, pastikan dulu kamu mendapatkan pemberitahuan bahwa kamulah pemenangnya sebelum beranjak dari tempat duduk :D 

6. Jika no NPL hanya satu, pastikan memiliki beberapa laptop pilihan yang akan dibeli.

Cadangkanlah 2-3 laptop yang spesifikasinya lumayan, sehingga jika harga pada unit pertama sudah mulai tidak sesuai dengan budget, kamu bisa beralih ke pilihan kedua.

7. Kalau kamu menang, akan ada email pemberitahuan tentang pelunasan dan prosedur pengambilan barang.  Oh ya, Ibid juga tidak mengfasilitasi pengiriman barang, tapi harus diambil sendiri. Jadi sebaiknya minta tolong teman yang berdomisili dekat kantor Ibid untuk mengambil barang supaya terhindar biaya titip sebanyak 10rb/hari. 

Semoga bermanfaat.

14 Mar 2017

Pengalaman Belanja di Priceza Indonesia


Pengalaman Belanja di Priceza Indonesia [Sponsored Post] - Dewasa ini E-commerce tumbuh pesat, melesat seiring perkembangan internet. Kalau dulu marketplace startup yang mewadahi para penjual online hanya dirajai oleh satu dua perusahaan, sekarang tidak lagi. Marketplace baru bermunculan sehingga memicu ketatnya persaingan. Kemudahan berbelanja, harga murah, penawaran diskon dan layanan cepat menjadi indikatornya. Tentu saja kompetisi ini berdampak baik, lebih menguntungkan konsumen.

Sangat wajar apabila orang cenderung memilih belanja online. Semakin ke sini kepraktisan sangat dibutuhkan. Hari gini siapa yang mau berlelah-lelah kepanasan atau diguyur hujan, menerobos macet, berkendara menempuh jarak beberapa kilometer hanya untuk membeli sehelai baju misalnya. Dengan bantuan handphone yang terkoneksi internet, apapun bisa dibeli di dunia maya.

Marketplace berlomba-lomba menggaet hati konsumen: barang dagangan semakin banyak dan variatif, diskon bertebaran di mana-mana, bahkan termasuk bebas ongkos kirim. Terkadang kita menjadi bingung sendiri harus ke lapak mana untuk membeli. Jadinya kita bolak-balik mengunjungi online shop satu per satu demi mencari barang yang diinginkan dengan harga paling kompetitif.

Priceza Indonesia

Ternyata ada cara mudah mengatasi hal tersebut, yaitu mengunjungi web Priceza Indonesia setiap kali akan berbelanja online. Priceza Indonesia ini merupakan shopping search engine yang memiliki fitur price comparison atau fitur perbandingan harga yang sangat akurat.

Priceza Indonesia mengumpulkan jutaan produk dari berbagai online shop dan kemudian digabungkan dalam satu wadah. Jadi ia ibarat sebuah mall besar yang serba ada. Hanya saja mallnya ini tidak nyata secara fisik, tapi hanya di dunia maya. Dengan mengakses web Priceza, kita ibaratnya keluar masuk merchant melihat-lihat, membanding-bandingkan harga barang. Perbedaannya hanya satu, belanja di Priceza, kaki tidak pegal dan jauh dari lirikan kesal penjaga toko karena hilir mudik tapi tidak jadi beli.

Pengalaman menggunakan Aplikasi Mobile Priceza

Beberapa bulan yang lalu, saya pernah berjanji membelikan speaker Al Quran untuk Kakak Naylah. Speaker ini fungsinya bagus sekali, anak-anak bisa menghapal, mengulang-ngulang mendengar lantunan ayat suci Al Quran sampai mereka tertidur. Sayang, belum juga barangnya sempat dipakai, speaker tersebut hilang di acara Sehari Bersama Ayah.


Mungkin bukan rezeki si Kakak. Speaker yang masih terbungkus rapi dengan kertas kado tersebut diletakan di atas atap mobil. Waktu itu tangan Pap Nay repot memegang banyak barang. Maksud hati hanya disimpan di situ sementara, akan diambil lagi setelah membuka pintu mobil. Malang tak dapat ditolak, untung tak dapat diraih, dia lupa mengambil kado tersebut dan melajukan mobilnya. Kami semua baru sadar setelah Kakak Naylah mencarinya. Entah kadonya jatuh di mana, saat kami kembali menelusuri jalan yang dilalui tadi, speaker sudah lenyap.

Sebagai gantinya, saya berencana membelikan speaker baru untuk Kakak Naylah lewat Priceza. Kabarnya, aplikasi Priceza kini lebih baik. Saya ingin mencobanya.

Setelah proses download dan install selesai, saya mulai melakukan pencarian barang. Cukup mengetik “Speaker Al Quran” di kolom search, ratusan item muncul dari berbagai toko seperti Tokopedia, Lazada, Elevenia, dll. Kemudian saya mempersempit pencarian dengan mengurutkannya dari harga terendah ke mahal dengan filter harga maksimal 200rb.

Setelah mempertimbangkan banyak hal seperti spesifikasi barang, harga, ulasan pembeli yang pernah belanja, rating online shop, saya akhirnya memutuskan membeli speaker Al Quran di Tokopedia. Oh ya, saat memutuskan membeli di Tokopedia, saya harus login di akun Tokopedia tanpa harus meninggalkan aplikasi Priceza. Selanjutnya proses belanja berlaku seperti biasa, setelah meng-klik tombol check out, urusan pembayaran dan pengiriman akan di-follow up oleh pihak online shop yang melapak di Tokopedia.

Boleh dibilang keuntungan memakai layanan Priceza banyak. Bayangkan kalau saya harus mencari speaker Al Quran yang ramah kantong di semua online shop, misalnya Lazada, Zalora, Tesco, Livingsocial, Rakuten, Tokopedia, dan lain-lain. Tentu proses membandingkan harganya memakan banyak waktu dan tenaga, juga akan memboroskan paket internet, ya kan? Tapi dengan aplikasi Priceza, saya menemukan barang yang saya inginkan hanya dengan sekali sentuhan.

So, teman-teman kalau ingin belanja online cobalah masuk di www.priceza.co.id cari barang yang kamu inginkan di sana, dan bandingkan harganya. Jika ingin belanja lebih mudah lagi, install saja aplikasinya.  Tidak cukup 5 menit app mobile Priceza sudah nangkring cantik di layar hp kamu.


Happy Shopping!!