15 Feb 2015

Honey - Lemon

Sudah lama saya tahu lemon dan madu adalah minuman yang sangat bermanfaat untuk kesehatan, bahkan praktisi food combining mengharuskan diri mereka minum segelas air hangat+ jeruk nipis / lemon setiap bangun tidur pagi. Tapi saya segan mencobanya, kebayang minum yang kecut-kecut dipagi hari akan meningkatkan asam lambung. Kalau minum madu dipagi hari saya sering dengar. Salah seorang teman kantor mengaku maag akutnya sembuh karena rutin minum madu setiap pagi.

Jalan-jalan di blog Alodita, ketemu resep sehat dia, minum perasan lemon dan madu setiap pagi. Saya coba membuat membuat setengah sendok lemon dicampur dengan 1 sendok makan madu asli. Asli menurutku disini adalah madu yang kuketahui benar asal madunya dan setelah dites memenuhi kriteria madu asli, tidak mengendap berbentuk endapan gula ketika diletakkan lama dikulkas, tidak dikerubutin semut, dan dari rasanya yang memang rasa madu asli. Jika sudah terbiasa merasakan madu asli, kita akan tahu sendiri membedakannya. Madu yang ada dikulkas sekarang adalah pemberian adik ipar yang dia dapat dari omnya yang petani lebah hehehe.

Kembali ke campuran honey lemon tadi, campuran 1 sendok madu dan setengah buah lemon, ternyata enak banget dilidahku. Rasa super kecut dari buah lemonnya langsung ternetralisir dari rasa madu yang manis, larutan juga menjadi encer. Enak. Pernah saya coba membuat dari satu buah lemon dan satu sendok makan madu, rasa lemonnya tetap lebih dominan. Saya kurang begitu suka.

Saya orangnya tidak disiplin meminum sesuatu, apakah itu obat dari dokter atau obat herbal dan semacamnya. Suami yang lebih sering mengingatkan waktunya minum obat daripada ingat sendiri. Tapi karena rasa honey lemon ini betul-betul enak, saya meminumnya sampai dua kali sehari, bangun tidur dan menjelang tidur tanpa harus diingatkan atau disuruh.

Selama kurang lebih seminggu meminum honey lemon, efeknya terasa sekali, beberapa malam kemarin begadang dan tetap harus bangun subuh, surprised banget walaupun kurang tidur, bangunnya enteng, kepala juga tetap ringan, perasaan seperti ketika tidak begadang. BAB yang selama ini datangnya tidak rutin tiap hari, jadi lancar. Flu juga jarang mampir. Minum honey lemon ini bolehlah tetap dijadikan kebiasaan.

0 komentar:

Posting Komentar

Ada palekko ada kanse
Disantap dengan sambal cobek tumis
Leave any comment please
Yang penting tidak bikin penulis meringis