19 Apr 2017

Makan Siang di Pantai Ujung Batu Barru


Sabtu pagi, Tante menelpon mengajak ke Pantai. Dia dan keluarga yang lain dalam perjalanan, mereka berencana pulang kampung ke Soppeng. Maklumlah liburnya cukup panjang, selain mudik, mereka bermaksud singgah rekreasi dulu di Barru. Jadi sekali dayung dua tiga pulau terlampaui, sekali berangkat dua tiga maksud tercapai.

Awalnya saya ragu bisa tiba tanpa kesasar, Tante bilang lokasinya di Pantai Batu, sementara yang muncul di mesin pencarian hanya ada Pantai Ujung Batu. Saya sampai menelepon teman segala untuk memastikan kalau yang itu benar tempat yang sama.

Objek wisata ini terletak di Jl Ladullah, Kelurahan Sumpang Binangae, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru. Lokasinya tidak jauh dari kota. Kalau kamu berangkat dari arah Parepare hendak ke sini, lihat tugu langsung belok kanan saja, lanjut terussss sampai ketemu lapangan, belok kiri di belokan pertama...nah tidak lama lagi kamu akan melihat pantai, telusuri sampai ujungnya. Itu kata teman yang memandu via telepon. Rupanya benar, setelah melewati tugu yang dimaksud, tidak lama kemudian lokasinya kami temukan.

Jarak antara tugu dan Pantai Ujung Batu hanya sekitar kurang lebih 1 km saja. Gerbang tertutup palang, seorang lelaki separuh baya bertopi menyambut. Kami dikenakan biaya masuk Rp.20rb untuk satu mobil berapapun jumlah penumpangnya, tapi tidak pakai karcis :p

Baca juga Sehari Bersama Ayah di Pantai Tonrangeng Parepare

Tidak ada yang terlalu istimewa dengan Pantai Ujung Batu, miriplah dengan pantai-pantai pada umumnya. Yang membedakan, pepohonan di sana cukup rimbun, dan letaknya tidak jauh dari air. Jadi walaupun matahari sedang terik-teriknya, kita tetap bisa menikmati suasana.

Di lokasi ini tersedia beberapa balai-balai, gazebo, musholla, dan bangunan-bangunan lain. Cuma sayang sekali tampak kurang terurus. Sepertinya tempat ini sering dipakai outbond, peralatan-peralatannya masih bergelantungan di atas pohon. Di sudut lain, terlihat sebuah perahu bebek-bebek, bagian dalamnya mulai tergenang tanah, ia beralih fungsi sebagai panjangan taman saja.

Tanpa ba bi bu, anak-anak langsung minta berenang, bergabung dengan tante-tante kecilnya. Adek Ayyan senangnya bukan main. Kata Pap Nay, saking semangatnya nih anak sampai 3 kali hampir tenggelam, begitulah kalau badan imut tapi berani main ke tengah. Untung yang mengawasi banyak.

Pantai ini lumayan ramai, makin siang makin banyak yang berkunjung. Mungkin karena itu tadi, teriknya matahari tidak begitu terasa di sini. Jadi bisa datang kapan saja.

Baca juga Di Antara Hujan dan Senjata

Oh ya di sepanjang pantai, banyak perahu terparkir, beberapa nelayan beraktivitas di sekitar pantai, ada yang sekedar duduk ngobrol merintang waktu, ada pula yang merapikan perlengkapan perahunya.

Daaaan .....Di sini kampung tengahku sesak :D

Makanannya yang dipersiapkan rombongan melimpah, satu box besar berisi aneka macam sea food mentah siap bakar. Tukang bakarnya bolak-balik membawa Baronang, Kakap dan Katombo yang mengepul. Disantap bersama sambel terasi, beradu dengan nasi putih..dududu bikin lidah bergoyang. Belum juga ikannya habis, datanglah maestronya kolestrol :D udang besar merah seksi minta segera dikuliti. Benar-benar sukses bikin gagal usaha diet sepekan ini.

Di antara yang hadir ada uncle-uncle n onty dari Makassar beserta krucilnya, ada Om Hamid yang memang stay di Barru, dan kami dari Parepare. Jika orang bilang tidak ada pertemuan tanpa perpisahan, sekarang beda lagi “tidak ada pertemuan tanpa foto-foto”. Acara ngumpul-ngumpul di Pantai Ujung Batu Barru ditutup dengan foto bareng.

Itu cerita akhir pekan kami, yuk intip keseruannya di video ini.

12 komentar:

  1. Pantainya mirip dengan dengan yang ada di jepara kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. orang jepara ya? salam kenal :)

      Hapus
  2. anak-anak pasti suka kalo diajak ke pantai, numpang makan juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak2 kalo ketemu air, susah distop 😀

      Hapus
  3. itu udang gede banget, enak bnaget kalo masaknya pas, aku kemarin gak pas masaknya jadi kurang sedap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Katanya gak boleh terlalu matang juga mak, udangnya bisa alot

      Hapus
  4. serunya jalan2 bareng dengan keluarga ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru mba, silaturahmi sambil rekreasi 😃

      Hapus
  5. Bakar ikan di pantai pasti seru sekali, udangnya bikin gagal fokus kaka 😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Besar ya? Kemarin sy cuma makan 3, takut kl kebanyakan bisa kolestrol

      Hapus
  6. Wah sy baru tahu kalau ada pantai yang namanya Ujung Batu di Barru..
    Sy bukan orang asli sana, tp tiap mudik pasti lewat Barru..
    Bisa lah jd rekomendasi unt acara kumpul bareng teman2 kayaknya..
    Salam kenal..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang org manaki? Salam kenal juga 😄

      Hapus

Ada palekko ada kanse
Disantap dengan sambal cobek tumis
Leave any comment please
Yang penting tidak bikin penulis meringis